Sistem Pemantauan Dan Peringatan Dini Kadar Oksigen Terlarut Dan Air Sungai Sebagai Air Baku Air Minum.

TofanSatriaT (2009) Sistem Pemantauan Dan Peringatan Dini Kadar Oksigen Terlarut Dan Air Sungai Sebagai Air Baku Air Minum. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Air memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Oleh karenanya agar dapat dikonsumsi dengan baik, maka air harus memiliki kualitas dan kuantitas yang sesuai dengan kebutuhan, serta air harus bebas dari kandungan zat-zat yang berbahaya. Namun saat ini penurunan kualitas air sungai di Indonesia sudah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, khususnya pada Kali Surabaya yang digunakan sebagai air baku air minum warga Kota Surabaya. Hal ini disebabkan karena di sepanjang Kali Surabaya yang membuang limbah ke Kali Surabaya disamping limbah domestik/rumah tangga juga memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap penurunan kualitas air sungai Kali Surabaya tersebut Melihat kondisi tersebut, maka diperlukan untuk membuat sistem pemantauan dan peringatan dini yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang penurunan kualitas air sungai sebagai air baku air minum secara on line real time dan membuat sistem komunikasi peringatan dini kepada instansi terkait pada saat kualitas air sungai di luar batas standar kriteria baku mutu air kelas satu. Sistem ini terdiri dari sensor suhu dan oksigen terlarut yang sinyal keluarannya akan diubah menjadi digital. Jika salah satu atau kedua sensor tersebut mendeteksi adanya penyimpangan pada air sungai, maka alat ini akan mengaktifkan buzzer peringatan serta akan mengirimkan SMS kepada instansi terkait. Untuk menampilkan data atau parameter yang diukur pada air sungai serta waktu pengukuran digunakan LCD 16x4. Data-data yang masuk akan disimpan setiap satu jam-an dengan mengandalkan RTC DS1307 dan disimpan dalam EEPROM 24C64 yang memiliki kapasitas 8K Byte.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/256/050901956
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jul 2009 10:28
Last Modified: 17 Jul 2009 10:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139842
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item