Pengaruh Variasi Bukaan Titik Puncak Pengaku Diagonal Ganda “K” Terhadap Perpindahan Lateral Pada Portal Baja Bidang Bertingkat.

TikaNurWidyani (2009) Pengaruh Variasi Bukaan Titik Puncak Pengaku Diagonal Ganda “K” Terhadap Perpindahan Lateral Pada Portal Baja Bidang Bertingkat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gedung tinggi merupakan bangunan modern yang dipakai untuk menampung dan mendukung kegiatan-kegiatan manusia yang berada didalamnya. Secara umum pembangunan gedung ini haruslah memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penghuninya selama umur pakainya. Salah satu bentuk struktur pendukung utama adalah rangka kaku atau portal dari bahan profil baja dengan elemen balok dan kolom yang akan menyalurkan beban-beban luar ke pondasi lalu dipindahkan ketanah dasar. Pemakaian profil baja mempunyai keunggulan dalam hal rasio antara berat sendiri dengan daya dukung beban yang dapat dipikulnya. Penggunaan portal terbuka pada sistem struktur dirasa tidak efektif karena merupakan struktur yang langsing dan kurang stabil dalam menahan beban horisontal. Untuk meminimalisir besarnya kerugian tersebut maka dapat menambahkan elemen pengaku diagonal ( bracing ). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tata letak pengaku diagonal ganda jenis " K " memberikan perpindahan lateral yang terkecil sehingga lebih stabil terhadap beban horizontal. Tatapi dalam penerapan di lapangan pemasangan pengaku diagonal ganda " K " ini mempunyai kerugian dalam hal penyediaan tempat untuk penempatan pintu, jendela atau pada saat penyetealan dinding partisi. Maka dari itu dilakukan analisis variasi pembukaan titik simpul puncak pengaku sebanyak tiga tipe, yaitu tipe A dengan lebar 1 m, tipe B sebesar 2 m, dan tipe C sebesar 3 m. Penggunaan "Metode Elemen Hingga" berdasarkan metode kekakuan lansung dalam analisis ini dimungkinkan untuk mendapatkan hasil perhitungan yang lebih sederhana. Dalam proses perhitungan kali ini menggunakan Software STAAD Pro . Analisis dilakukan terhadap beberapa portal baja bertingkat dengan beberapa variasi lebar bukaan pengaku ganda bentuk " K " dan jumlah lantainya. Untuk beban horisontal diimplementasikan sebagai beban gempa yang basarnya sama pada setiap tipe bukaan. Dari hasil analisis yang telah dilakukan pada portal dengan beberapa tipe bukaan pengaku (A, B dan C) terhadap jumlah lantai (limabelas, dua puluh satu dan dua puluh tujuh), didapatkan keluaran berupa nilai perpindahan lateral yang nantinya akan dianalisis berdasar besarnya indeks simpangan, kinerja batas layan dan kinerja batas ultimit. Adanya beberapa variasi lebar pengaku ini memberikan respon berupa perpindahan lateral yang berbeda-beda dalam menahan beban yang sama. Kesimpulannya semakin lebar bukaan titik simpul puncak pengaku maka kekakuan struktur menjadi mengecil sehingga perpindahan lateralnya semakin besar. Apabila ditinjau setiap jenis tingkat, perubahan perpindahan lateral yang terjadi tiap tipe akan semakin membesar mulai dari tipe 0, A, B dan C. Pola perubahan nilai perpindahan lateral yang terjadi menunjukkan hasil yang linier. Variasi lebar bukaan titik simpul pengaku bentuk " K " yang paling efektif dalam menahan beban horisontal adalah variasi lebar bukaan titik simpul pengaku (bracing) ganda berbentuk " K " dengan tipe A dan B.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/244/050901802
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Sep 2009 09:11
Last Modified: 01 Sep 2009 09:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139830
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item