Sistem Informasi Geografis Pemeliharaan Jalan Dinas Bina Marga Kabupaten Mojokerto.

RivoAnggoro (2009) Sistem Informasi Geografis Pemeliharaan Jalan Dinas Bina Marga Kabupaten Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan akan penanganan informasi secara handal dan terpercaya adalah suatu kebutuhan yang tidak dapat dihindari lagi pada masa sekarang ini. Hal ini juga dirasakan oleh Sub Dinas Pemeliharaan yang bertugas menangani informasi seputar jalan dan jembatan, harus memasukkan dan mengolah beragam informasi mengenai jalan dan jembatan di wilayahnya. Perkembangan teknologi internet yang demikian pesat memberikan solusi informasi dan komunikasi yang cepat, murah dan real time . Internet merupakan media yang sangat tepat untuk mendapatkan informasi. Oleh karena itu maka pembuatan sebuah Sistem Informasi Geografis Sub Dinas Pemeliharaan, adalah sebuah proyek yang tepat guna dan memadai untuk dijadikan tugas akhir. Dalam tugas akhir ini. Sub Dinas Pemeliharaan yang dipilih sebagai studi kasus adalah Dinas Bina Marga Kabupaten Mojokerto wilayah kecamatan Puri. Desain proses dari sistem akan dibuat menggunakan Data Flow Diagram , sedangkan desain database dari sistem akan dibuat dengan ER diagram. Dari tahap desain, akan diimplementasikan menjadi sebuah Sistem Informasi Geografis yang operasional. Sebuah master database dibuat berdasarkan ER yang ada, dengan menyatukan data spasial dan data atribut menggunakan aplikasi mapinfo. Kemudian web server untuk melayani antarmuka web didirikan. Lalu diimplementasikan tampilan antarmuka web , dan Sistem Informasi Geografis yang bisa menghubungkan peta digital dengan master database menggunakan mapserver menjadi sebuah aplikasi Sistem Informasi Geografis untuk melakukan proses–proses yang terdapat pada Data Flow Diagram . Mengenai pengujian dan analisis terhadap implementasi Sistem Informasi Geografis Pemeliharaan Jalan Dinas Bina Marga Kabupaten Mojokerto. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian perancangan basis data pengujian DFD dan pengujian implementasi menggunakan black-box sistem secara online . Pengujian berdasarkan keluaran yang dihasilkan dari data atau kondisi masukan yang diberikan untuk mengetahui apakah sistem dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pada pengujian sistem secara online menunjukkan sistem dapat diimplementasikan sesuai analisis kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/243/050901801
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2009 08:40
Last Modified: 28 Aug 2009 08:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139829
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item