Dampak Pengembangan Pariwisata terhadap Pariwisata Kampung Nelayan di Pantai Indah Popoh dan Pantai Sidem Kabupaten Tulungagung.

AfidSudiyanto (2009) Dampak Pengembangan Pariwisata terhadap Pariwisata Kampung Nelayan di Pantai Indah Popoh dan Pantai Sidem Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan pariwisata di Dusun Popoh dan Dusun Sidem sudah cukup lama dilakukan oleh pemerinta Kabupaten Tulungagung. Pengembangan Pantai Popoh diharapkan memberikan pendapatan daerah dan menumbuhkan perekonomian masyarakat Popoh dan Sidem. Pengembangan pariwisata antar lain: promosi wisata, atraksi wisata, sarana wisata dan prasarana wisata. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif efaluatif untuk mengetahui karakteristik obyek studi yaitu Dusun Popoh dan Dusun Sidem. Serta metode before-after dan metode korelasi untuk mengetahui dampak positf dan negatif pengembangan pariwisata. Pengembangan Pantai Popoh dapat menyerap tenaga kerja sehingga jumlah pengangguran dapat menurun dan sebagian masyarakat dapat beralih pekerjaan ke obyek wisata jika merasa kurang atas pendapatannya pada pekerjaan sebagai nelayan. Pekerjaan yang ditawarkan oleh pariwisata sangat beragam, antara lain usaha warung makan, pedagang cinderamata dan karyawan obyek wisata. Dengan terbukanya kesempatan kerja tersebut pariwisata telah meningkatkan pendapatan masyarakat.selain perekonomian masyarakat, dampak positf pariwisata antara lain peningkatan nilai-nilai kepercayaan terhadap adat, peningkatan kepatuhan hukum dan ketertiban, perkembangan guna lahan dan peningkatan usaha pelestarian seni dan kebudayaan. Pariwisata juga memberikan dampak negatif yang relatif lebih berdampak pada lingkungan yang antara lain moral masyarakat, perilaku masyarakat, pemandangan kawasan, perkembangan flora fauna, polusi udara, erosi dan sumber daya alam. Secara langsung pariwisata akan mengeksploitasi sumber daya alam, mendirikan sarana dan parasarana wisatayang dapat memberikan dampak erosi dan penurunan tingkat pemandangan. Demikian juga dengan kedatangan wisata dapat memberikan peningkatan sampah dan limbah sehingga dapat memberikan kesan penurunan tingkat pemandangan, kerusakan perkembang biakan flora fauna dan pengingkatan polusi udara akibat kendaraan wisatawan. Untuk melanjutkan pengembangan kawasan Popoh dan Sidem perlu adanya rekomendasi berupa peningkatan dampak positif pariwisata dan meminimalisir dampak negatif dari pengembangan pariwisata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/227/050901735
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jun 2009 11:28
Last Modified: 22 Jun 2009 11:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139812
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item