Pengaruh Bending Forces dan Kekentalan Minyak Pelumas Terhadap Sudut Springback Pelat Aluminium Paduan Pada Proses Press Bending U-Shape.

RikkySanjaya (2009) Pengaruh Bending Forces dan Kekentalan Minyak Pelumas Terhadap Sudut Springback Pelat Aluminium Paduan Pada Proses Press Bending U-Shape. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan utama dalam proses pembentukan aluminium paduan adalah terjadinya springback . Terlepas dari batas toleransi yang diizinkan, adanya springback menyebabkan ketidaksesuaian dimensi akhir produk dengan yang diharapkan sehingga menurunkan kualitas. Metode yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah ini adalah dengan meningkatkan bending forces (F) dan kekentalan minyak pelumas saat proses bending . Permasalahan yang akan diteliti adalah seberapa besar pengaruh bending forces dan kekentalan minyak pelumas terhadap springback pada proses bending pada profil U-shape dengan menggunakan pelat aluminium. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental nyata dengan variasi gaya yang digunakan ( bending forces ) sebesar 1,3 kN, 2,3 kN dan 3,3 kN. Sedangkan variasi kekentalan minyak pelumas yang digunakan yaitu oil SAE 5W (kekentalan rendah), oil SAE 40W (kekentalan medium), oil SAE 90W (kekentalan tinggi). Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisa statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bending forces dan kekentalan minyak pelumas mempunyai pengaruh nyata terhadap terjadinya sudut springback . Sudut springback rata-rata terendah yang dapat dicapai pada dinding kiri = 0,196º; pada dinding kanan = 0,303º dengan variasi kekentalan minyak pelumas 90 W dan bending forces 3,3 kN. Hal ini menunjukkan penurunan yang berarti jika dibandingkan dengan proses bending yang menggunakan variasi bending forces dan kekentalan minyak pelumas yang lebih rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/224/050901732
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jun 2009 10:53
Last Modified: 22 Jun 2009 10:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139809
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item