Sistem antrean layanan pelanggan berbasis multimedia menggunakan komputer.

HeldaChristiana (2009) Sistem antrean layanan pelanggan berbasis multimedia menggunakan komputer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan jasa terhadap para pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Pelanggan yang juga merupakan orang sibuk perlu didukung kenyamanan bila terpaksa antre di bank atau dalam melakukan aktivitas apapun. Sehingga pelayanan terhadap pelanggan harus memperhatikan ketertiban, kenyamanan, dan kedisplinan. Dengan acuan nomor urut, sistem antrean yang ada saat ini (konvensional) hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Sistem antrean konvensional menggunakan LCD dot metrik sebagai media untuk menampilkan nomor urut. Namun sistem antrean konvensional tersebut bisa dinilai kurang komunikatif, kurang visual, dan memiliki kekurangan. Sistem antrean konvensional hanya menampilkan nomor urut saja sebagai acuan antrean. Berdasarkan kenyataan tersebut, sistem antrean yang dibuat pada skripsi ini dirancang agar lebih komunikatif dan lebih visual, selain acuan nomor urut pelanggan seperti pada sistem antrean konvensional, juga ditambahkan acuan antrean berupa tampilan foto pelanggan pada saat pemanggilan nomor urut, serta menampilkan informasi antrean (nomor urut dan foto pelanggan tersebut) melalui layar LCD. Pada saat pelanggan menekan tombol pelanggan maka proses capturing camera dilakukan dan nomor antrean dicetak melalui printer, setelah itu pelanggan dapat menunggu dipanggil pada tempat duduk yang telah disediakan, pelanggan akan dipanggil berdasarkan nomor urut setelah petugas loket menekan tombol operator, tombol ini terhubung ke komputer melalui port paralel. Apabila nomor antreannya telah dipanggil melalui pengeras suara ( speaker ), maka pelanggan dapat memastikannya melalui layar LCD dan melihat foto wajahnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/22/050900452
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Mar 2009 14:27
Last Modified: 02 Mar 2009 14:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139804
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item