Evaluasi Pengambangan Jaringan Distribus Air Bersih di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar.

PamungkasBudiSatriyo (2009) Evaluasi Pengambangan Jaringan Distribus Air Bersih di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya pengembangan suatu daerah tidak lepas dari pemenuhan kebutuhan air bersih pada suatu daerah. Begitu juga PDAM Kabupaten Blitar yang selama ini berusaha memenuhi tingat kebutuhan masyarakat akan air bersih. Tetapi dalam usaha pemenuhan tersebut masih saja terdapat hambatan-hambatan antara lain umur pipa yang sudah tua dan rentan terjadi kebocoran, pemasangan pipa distribusi selama ini masih menggunakan metode manual sehingga ketika musim kemarau tidak jarang air bersih yang diharapkan tidak bisa mengalir. Tujuan dari diadakannnya studi ini adalah untuk merencanakan pengembangan sistem jaringan distribusi air bersih di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar ditinjau dari segi hidraulika dan sistem operasinya dengan menggunakan penerapan permodelan simulasi kondisi tidak permanen, sehingga nantinya kebutuhan air bersih sampai tahun 2020 dapat diantisipasi pemenuhannya secara optimal sesuai dengan perkembangan jumlah penduduk di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Dasar analisa dalam studi ini adalah proyeksi pertumbuhan penduduk dan jumlah pelanggan PDAM Kabupaten Blitar khususnya Kecamatan Binangun sampai tahun 2020, sehingga didapatkan besarnya kebutuhan air bersih. Dari perhitungan kebutuhan air bersih tersebut kemudian dilakukan perhitungan pembebanan pada setiap titik simpul untuk selanjutnya disimulasikan dengan paket program EPANET versi 2.0. dan Water Cad V 4.5. Hasil dari studi ini menunjukkan hingga tahun 2020 jumlah penduduk yang terlayani adalah 746.919 jiwa. Dengan tingkat kebutuhan total air bersih 2.11 m 3 /detik. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada tahun tersebut diadakan perubahan pada jaringan pipa guna terpenuhinya suatu kondisi yang memenuhi persyaratan teknis suatu sistem perencanaan jaringan distribusi air bersih. Perubahan-perubahan yang dilakukan antara lain penambahan distribusi jaringan pipa sehingga memerlukan penambahan pipa-pipa baru pada daerah pengembangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/217/050901635
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jun 2009 11:23
Last Modified: 11 Jun 2009 11:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139801
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item