Analisis Paket Trafik & Video Streaming Mobile –VPN pada Teknologi GPRS/GSM & CDMA

NuurAisyahMurtiWinanti (2009) Analisis Paket Trafik & Video Streaming Mobile –VPN pada Teknologi GPRS/GSM & CDMA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

General Packet Radio Service (GPRS) merupakan perkembangan dari teknologi komunikasi Global System for Mobile Communication (GSM). Pelanggan GPRS hanya membayar durasi waktu dan banyaknya pengiriman dan penerimaan data, sehingga layanan GPRS sangat efektif dan relatif murah untuk kebutuhan mobile . VPN ( Virtual Private Network ) merupakan jaringan private yang menggunakan media jaringan publik ( internet ) dan sering digunakan oleh kepentingan instansi tertentu dan hanya dapat diakses pihak tertentu saja karena bersifat rahasia. Kemajuan teknologi membuat semua pekerjaan dapat dilakukan secara mobile , sehingga GPRS dijadikan alternatif murah untuk mengkoneksikan VPN dengan pihak terkait. Skripsi ini membahas analisis paket trafik dan video streaming mobile VPN pada teknologi GPRS/GSM dan CDMA. Pengujian dilakukan dengan uji transfer file text dan video streaming dari TPT-FT (VPN Client yang terhubung dengan handphone CDMA/GSM GPRS) menuju UPPTI (VPN server dengan IP Publik) Universitas Brawijaya dengan membuat suatu jaringan VPN. Dari analisa pengujian kita dapat mengetahui performansi paket trafik ( packet losses , latency , jitter , kecepatan dan waktu transfer file , bandwidth , dan throughput ) penggunaan VPN dengan operator CDMA jauh lebih baik dibandingkan GPRS GSM. Performansi terbaik ditunjukkan pada uji malam hari karena trafik jaringan lengang. Dengan asumsi keterbatasan perangkat tiap operator berbeda-beda, selain adanya tundaan akibat proses security VPN, jumlah user yang menggunakan jaringan tersebut juga mempengaruhi lemahnya performansi GPRS GSM/CDMA dalam melewatkan data melalui VPN. Penggunaan mobile VPN pada jaringan GPRS lebih efektif digunakan untuk transfer file text daripada untuk file bersifat interaktif ( video streaming ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/212/050901604
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jun 2009 11:59
Last Modified: 04 Jun 2009 11:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139795
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item