Kendali Prototipe Reaktor Kompos Dengan Menggunakan Metode Logika Fuzzy.

FADonnyDwiHendraS (2009) Kendali Prototipe Reaktor Kompos Dengan Menggunakan Metode Logika Fuzzy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Reaktor Kompos memiliki potensi besar digunakan sebagai pengolah sampah organik, dengan menggunakan reaktor kompos proses dekomposisi bahan organik akan dipercepat dengan pengaturan temperatur dan kelembaban. Perubahan temperatur dan kelembaban dikendalikan dengan menggunakan metode logika fuzzy yang akan mengatur debit air dan putaran pengaduk yang sebanding dengan perubahan temperatur dan kelembaban. Metode logika fuzzy dapat memberikan solusi terhadap pengendalian sistem yang kompleks seperti pada reaktor kompos. Kontroler logika fuzzy yang dirancang mempunyai 2 masukan yaitu RH dan temperatur. Data masukan kemudian diolah menggunakan logika fuzzy dalam mikrokontroler ATmega 8535 dengan software AVR GCC Compiler . Hasil keluaran berupa besarnya % duty cycle untuk motor dan pompa. Pengujian sistem dilakukan pada prototipe reaktor kompos yang memiliki prinsip kerja serupa dengan reaktor kompos yang telah beredar secara umum di pasaran. Dalam pengujian untuk respon transien suhu, didapatkan data: t d = 15 menit, t r = 17 menit, t s = 27 menit. Sedangkan untuk respon transien kelembaban relatif, didapatkan data: t d =10 menit, t r =15 menit, t s =18 menit. Berdasarkan data pengujian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa kontrol logika fuzzy sesuai diaplikasikan pada plant prototipe reaktor kompos . Reaktor Kompos menggunakan pengendalian dengan metode logika fuzzy dapat diaplikasikan pada industri pengolahan sampah organik yang masih menggunakan proses manual.Masukan pada sistem pengendalian reaktor kompos berbasis logika fuzzy ini adalah suhu dan temperatur. Pada pengujian waktu yang diperlukan untuk proses pengomposan menggunakan reaktor kompos dengan pengendalian berbasis algoritma fuzzy hanya memerlukan waktu 13 hari bila dibandingkan dengan reaktor kompos dengan menggunakan metode secara konvensional yang memerlukan waktu 17 hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/211/050901603
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jun 2009 11:37
Last Modified: 04 Jun 2009 11:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139794
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item