Perancangan Sistem Monitoring Level Air Untuk Irigasi Sawah Dengan Memanfaatkan Fasilitas SMS (Short Message Service).

VikiFirmansyah (2009) Perancangan Sistem Monitoring Level Air Untuk Irigasi Sawah Dengan Memanfaatkan Fasilitas SMS (Short Message Service). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanfaatan teknologi komunikasi yang sudah ada dan sangat efisien dalam perkembangannya untuk mendukung suatu sistem dalam mempercepat pekerjaan. Teknologi SMS memungkinkan kita mengirim pesan singkat dari sebuah handphone ke handphone yang lain. Dalam perkembangannya makin lama tuntutan kebutuhan pelayanan bagi pengguna jasa komunikasi makin tinggi. Penggunaan teknologi SMS atau sering dikenal dengan Short Message Service diperkirakan tidak akan berakhir dan akan terus digunakan. Dengan sedikit waktu, pengiriman pesan atau informasi data dalam jumlah besar akan cepat tersampaikan. Tingkat teknologi SMS akan semakin dibutuhkan dalam kegiatan manusia untuk mempercepat pengiriman pesan atau informasi data. Dengan adanya SMS gateway memungkinkan kita dalam pengiriman pesan melalui jaringan TCP/IP. GSM mengeluarkan teknologi SMS yang merupakan salah satu fitur yang dikembangkan dan distandarisasi oleh European Telecommunication Standart Institute (ETSI). Dengan tarif yang yang lebih murah banyak masyarakat yang menggunakan teknologi ini. SMS Gateway merupakan pintu gerbang bagi penyebaran Informasi dengan menggunakan SMS. Selain itu dengan adanya SMS Gateway kita dapat mengotomatisasi pesan-pesan yang ingin dikirim. Untuk kebutuhan SMS Gateway tidak terlalu belebihan dan juga fleksibel karena bisa dibuat dengan PC maupun Notebook. Yang mutlak dibutuhkan adalah sebuah komputer, sebuah ponsel dengan kabel data (Kabel berantarmuka serial yang dapat menghubungi ponsel dengan PC) atau dapat munggunakan InfraRed dan piranti lunak sebagai SMS Gateway . Pada skripsi ini membahas perancangan sistem monitoring level air dengan menggunakan SMS gateway kannel. Analisis performansi dititikberatkan pada parameter SMS yaitu Delay End to End . Pada perhitungan didapatkan nilai Delay End to End sebesar 0,02466 detik, sedangkan pada pengujian pengiriman data sebanyak 24 kali mulai pukul 13.00-12.00 didapat waktu rata-rata sebesar 8,2 detik, dan pada pengujian pengiriman data selama 7 hari setiap pukul 13.00 didapat waktu rata-rata sebesar 9 detik. Performansi pengiriman SMS paling baik pada pukul 23.00-06.00 dengan Delay End to End sebesar 6,7-7,7 detik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/210/050901602
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jun 2009 11:20
Last Modified: 04 Jun 2009 11:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139793
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item