Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah berbasis WEB.

AlitMahendraBramantya (2009) Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah berbasis WEB. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan otonomi daerah sejak tahun 2001 memberikan kewenangan yang lebih besar kepada Pemerintah Daerah dalam mengelola daerahnya masingmasing. Pemerintah Daerah juga dituntut untuk memiliki kemandirian dalam membiayai sebagian besar anggaran pembangunannya [SIR-04:513]. Pemerintah daerah memerlukan sebuah program pengelolaan aset yang dapat dipertanggung jawabkan. Manajemen aset adalah metode yang dapat digunakan oleh Pemerintah Daerah untuk memaksimalkan potensi yang ada di daerahnya. Untuk mencapai tujuan pengelolaan aset secara terencana, terintegrasi, dan sanggup menyediakan data dan informasi yang dikehendaki dalam tempo yang singkat, dibutuhkan suatu sarana yang efektif untuk mendukung pengambilan keputusan atas aset. Dan salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan Sistem Informasi Manajemen Aset (SIMA) [SIR-04:564]. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah berbasis website yang dapat diakses oleh masyarakat luas dapat mempermudah berkembangnya keterbukaan dan akuntabilitas Pemerintah Daerah terhadap pengelolaan aset yang menjadi tanggung jawabnya. Perancangan dan pengimplementasian Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (versi 5.2.8) dan basis data MySQL (versi 5.0.45). Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah terdiri dari beberapa aplikasi sistem antara lain Sistem Administrasi Data Utama, Sistem Adminitrasi Data Barang, Sistem Administrasi Data Pengelolaan Barang, dan Sistem Administrasi Data Input User. Pengujian Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah dilakukan pada setiap aplikasi sistem untuk mengetahui proses yang dilakukan oleh tiap-tiap aplikasi sistem tersebut. Hasil dari pengujian aplikasi sistem dapat diketahui bahwa aplikasi sistem pada Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah dapat melakukan proses sesuai dengan kegunaannya masing-masing antara lain Sistem Administrasi Data Utama, Sistem Adminitrasi Data Barang, Sistem Administrasi Data Pengelolaan Barang, dan Sistem Administrasi Data Input User. Pengujian juga dilakukan terhadap koneksi basis data dan waktu akses query yang digunakan oleh Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah. Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah yang dihubungkan dengan koneksi basis data MySQL pada port 3306 dapat melakukan proses manipulasi terhadap data-data di dalam basis data. Pengujian waktu akses query dilakukan pada masing-masing tabel dengan 5000, 10000, 15000, dan 20000 data entri dan 10 kali percobaan. Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap koneksi basis data dan waktu akses query menunjukkan bahwa Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/208/050901600
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jun 2009 10:09
Last Modified: 04 Jun 2009 10:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139790
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item