Pengaruh Jarak Pitch Helical Screw-Tape Dan Variasi Debit Fluida Panas Terhadap Laju Perpindahan Kalor Dan Pressure Drop Pada Heat Exchanger.

EriPrasetyoBudi (2009) Pengaruh Jarak Pitch Helical Screw-Tape Dan Variasi Debit Fluida Panas Terhadap Laju Perpindahan Kalor Dan Pressure Drop Pada Heat Exchanger. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi peningkatan perpindahan panas sudah dikembangkan secara luas dan berlaku untuk penerapan alat pertukaran panas, misalnya refrigerasi, automotif, dan berbagai proses industri lainnya. Salah satu cara peningkatan laju perpindahan kalor yang sederhana adalah dengan menciptakan olakkan dalam aliran fluida dengan cara memasang suatu penghalang pada aliran fluida berbentuk ulir atau disebut dengan helical screw-tape with core-rod inserts. Sedangkan usaha untuk meningkatkan kemampuan memindahkan kalor dengan mengatur arah aliran fluida ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain counter flow , parallel flow , cross flow . Suatu upaya untuk mengoptimalkan penggunaan helical screw-tape with core-rod inserts adalah dengan mencari jarak pitch yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi jarak pitch dan variasi debit helical screw-tape with core-rod insert terhadap laju perpindahan kalor, pressure drop dan efektivitasnya pada counter flow heat exchanger. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah true experimental research . Penelitian ini menggunakan variabel bebas berupa variasi jarak pitch (14 mm; 18 mm; 22 mm) dan debit fluida panas (8 l/menit; 10 l/menit; 12 l/menit; 14 l/menit; 16 l/menit; 18 l/menit). Variabel terikatnya adalah laju perpindahan kalor , pressure drop, dan efektivitas. Pada penelitian ini tiap pengujian dilakukan pengambilan data temperatur dan beda tekanan sebanyak lima pengulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin rapat jarak pitch helical screwtape with core-rod inserts , maka semakin tinggi laju perpindahan kalor dan pressure drop yang terjadi. Laju Perpindahan kalor bertambah sebesar 55,899 % menggunakan pitch 22, bertambah sebesar 91,282 % menggunakan pitch 18,dan bertambah sebesar 129,59177 % menggunakan pitch 14,sedangkan pressure drop bertambah 115,003 %, 205,486 %, 363,044 %. Semakin besar debit fluida panas, laju perpindahan kalor mengalami peningkatan yang hampir seragam pada jarak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/185/050901424
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 May 2009 15:47
Last Modified: 15 May 2009 15:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139762
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item