Program Perencanaan Interior Ruang Bermain Anak pada Taman Penitipan Anak di Blitar.

NurulMuzayanah (2009) Program Perencanaan Interior Ruang Bermain Anak pada Taman Penitipan Anak di Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dijaman yang semakin maju ditambah dengan semakin canggihnya teknologi, sebagai generasi yang lebih dahulu perlu membentengi generasi penerus bangsa yang akan mengambil alih/membawa masa depan bangsa supaya dapat membawa masa depan bangsa kearah yang lebih baik. bersamaan dengan perkembangan teknologi kepekaan manusia terhadap alam sudah mulai luntur, mereka banyak mengeksploitasi alam untuk kesenangan mereka semata. Untuk itu diperlukan suatu pendidikan kepada generari muda sebagai bekal mengelola bangsa dan juga diperlukan penumbuhan kepekaan alam kepada mereka supaya alam tetap terjaga selain itu juga dapat mengasah emotional inteligent , kreativitas dan sadar lingkungan. Pendidikan tersebut sebaiknya diberikan sejak dini karena pada masa itu merupakan “The Golden Age” bagi anak. Perlu diperhatikan pada usia tersebut tidak semudah memberikan pendidikan kepada anak yang sudah dewasa. Pada usia tersebut karakter anak masih suka bermainmain, karena bermain merupakan pekerjaan bagi anak. Selain itu pada usia tersebut anak cara belajar masih dengan mengamati lingkungan terdekat mereka sesuai dengan tingkatan usia dan kemampuan. Ruang merupakan lingkup terdekat yang mudah untuk diamati. Sehingga perlu direncanakan penataan interior ruang bermain anak yang dapat membantu mengasah kepekaan anak terhadap lingkungan alam. Dari hasil pembahasan diperoleh cara untuk mengenalkan alam kepada mereka dengan cara memasukkan suasana atau unsur alam ke dalam ruang bermain. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengenalkan warna yang terdapat di alam (hijau daun, warna biru air/langit, dan sebagaiya), penggunaan bahan alam untuk mengenalkan tekstur, suara yang ditimbulkan (suara gemericik/aliran air), memfinishing dinding, plafon, lantai dengan gambar – gambar alam (bunga, pemandangan alam, gunung, binatang), dan sebagainya. Namun yang paling baik adalah mengenalkan anak dengan bentuk yang riil sehingga akan lebih mudah ditangkap/ diterima anak. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memasukkan unsur alam ke dalam ruang sehingga bisa dipegang atau dengan memasukkan view / suasana eksterior ke dalam interior ruang bermain salah satunya dengan bukaan dari bahan yang transparan / kaca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/17/050900303
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Feb 2009 11:19
Last Modified: 24 Feb 2009 11:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139744
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item