Pengembangan Local Area Network Game Server Untuk Multiplayer Tank Game Menggunakan Teknologi Java.

EriqMuhammadAdamsJ (2009) Pengembangan Local Area Network Game Server Untuk Multiplayer Tank Game Menggunakan Teknologi Java. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi komputasi dan jaringan yang pesat saat ini memacu inovasi dan kemajuan industri game. Game berdasarkan jumlah pemain dibagi menjadi dua, yaitu single player game dan multiplayer game . Multiplayer game berdasarkan lokasi fisik permainan dibagi menjadi dua yaitu local multiplayer game dan networked multiplayer game. Local multiplayer game dimainkan dalam satu mesin sedangkan networked multiplayer game dimainkan di beberapa mesin melalui jaringan. Networked multiplayer game umumnya dibedakan menjadi dua kelompok yaitu LAN (Local Area Network) Game dan WAN (Wide Area Network) Game. Aplikasi yang dibuat ini berupa LAN multiplayer tank game . Pengembangan aplikasi ini terbagi menjadi dua buah subsistem, yaitu game server dan game client . LAN game server yang bertipe listen server ini dirancang menggunakan OOAD ( Object Oriented Analysis and Design ) dan diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Java dan Apache MINA ( Multipurpose Infrastructure for Networked Applications ) framework sebagai networking framework . UDP digunakan sebagai protokol komunikasi jaringan dikarenakan multiplayer tank game yang dikembangkan membutuhkan proses sinkronisasi data secara real time . Pengujian game server ini meliputi pengujian perangkat lunak menggunakan metode white-box testing dan black-box testing dan pengujian performa game server yang meliputi nilai throughput data ( Read Bytes Throughput dan Written Bytes Throughput ) yang dipengaruhi oleh jumlah game client . Hasil pengujian nilai throughput game server menunjukkan nilai throughput tidak linier. Ketidaklinieran tersebut disebabkan oleh aktivitas pemain yang berbeda sehingga mempengatuhi banyaknya data yang dikirim dan diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/145/050901159
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Apr 2009 10:16
Last Modified: 22 Apr 2009 10:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139718
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item