Rumah Sakit Pesisir di Kawasan Pesisir Probolinggo (Probolinggo Waterfront Hospital), Orientasi Waterfront pada Perancangan Rumah Sakit Khusus Penyakit Dalam.

EkoAjiPrasojo (2009) Rumah Sakit Pesisir di Kawasan Pesisir Probolinggo (Probolinggo Waterfront Hospital), Orientasi Waterfront pada Perancangan Rumah Sakit Khusus Penyakit Dalam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemikiran yang berkembang di dunia Arsitektur berasal dari kritikan, penafsiran, dan deskripsi dari hasil artefak yang kemudian berkembang memunculkan opini masyarakat sehingga timbul pemahaman baru. Indonesia mempunyai struktur lingkungan yang khas untuk merajut paradigma arsitektur yang berwawasan lingkungan, teori penempatan bermula dari fenomena geografis dari suatu daerah /tempat tertentu dengan karakter yang unik dari tempat tersebut. Menggali kedalam potensi kawasan lebih pada penjabaran konsep dan pemahaman, regionalisme kritis mencari kemungkinan dari penempatan dalam makna yang lebih besar dari sebuah karya arsitektur. Hubungan antara manusia dan alam merupakan suatu fenomena permasalahan yang sudah lama dicari penyelesaian terbaiknya. Permasalahan dapat muncul dari keberadaan sebuah lingkungan yang belum menemukan konteks yang koheren. Tingkat kebutuhan akan fasilitas kesehatan yang mampu mewakili penyelenggara Desentralisasi Regulasi membutuhkan pola perencanaan dari sudut pandang arsitektur (kesetempatan). Waterfront merupakan satu dari beberapa pemikiran kesetempatan yeng berkembang begitu pula dengan Pesisir Probolinggo yang terletak di sekitar kawasan “tapal kuda” mempunyai kedalaman potensi lingkungan yang berkontribusi membentuk ranah ruang baru untuk menginerpretasikan kebaharaian arsitektur. Perancangan rumah sakit pesisir dengan menggali dan menginterpretasikan kerakter khas arsitektur bahari, melalui penjabaran konsep dan ekstrapolasi bentuk berdasarkan kedalaman materi dan interpolasi kebutuhan akan ruang yang terintegrasi dalam artefak yang representasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/131/050901048
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Apr 2009 11:01
Last Modified: 15 Apr 2009 11:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139705
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item