Tinjauan Yuridis Mengenai Penghentian Penyidikan Dari Perspektif Kepentingan Tersangka

Budiarti, Kumala Cintya Ayu (2018) Tinjauan Yuridis Mengenai Penghentian Penyidikan Dari Perspektif Kepentingan Tersangka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implikasi yuridis penghentian penyidikan dari perspektif kepentingan tersangka dan pengaturan mengenai penghentian penyidikan di masa yang akan datang. Penelitian ini dilatar belakangi karena belum adanya aturan mengenai sanksi bagi penyidik yang menahan tersangka melebihi batas waktu yang ditentukan dalam KUHAP dan KUHAP sendiri belum mengatur mengenai jangka waktu maksimal proses penyidikan. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan yang mengatur mengenai penyidikan dan pendekatan konseptual untuk menemukan konsep aturan baru yang seharusnya diatur dalam KUHAP. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa dalam pelaksanaan proses penyidikan terdapat beberapa kepentingan salah satunya adalah kepentingan atau hak tersangka yang tidak boleh dilanggar oleh hukum. Tidak adanya pengaturan mengenai sanksi bagi penyidik yang menahan tersangka melebihi batas waktu yang ditentukan dalam KUHAP dan pengaturan mengenai batas waktu maksimal pelaksanaan proses penyidikan dapat menyebabkan kesewenang-wenangan oleh penyidik yang menyebabkan hak-hak yang dimiliki tersangka dilanggar. Oleh karena itu, pengaturan mengenai sanksi bagi penyidik yang menahan tersangka melebihi batas waktu yang ditentukan dalam KUHAP dan pengaturan mengenai batas waktu maksimal pelaksanaan proses penyidikan sangat perlu diatur agar proses penegakan hukum dapat berjalan secara adil, tidak merugikan pihak manapun dan mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/465/051811185
Uncontrolled Keywords: Penghentian Penyidikan, Kepentingan Tersangka, Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP)-Termination of Investigation, Interest of Suspects, Criminal Procedure Code (KUHAP)
Subjects: 300 Social sciences > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:47
Last Modified: 09 Nov 2021 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13970
[thumbnail of Kumala Cintya Ayu Budiarti.pdf]
Preview
Text
Kumala Cintya Ayu Budiarti.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Kumala Cintya Ayu Budiarti.pdf]
Preview
Text
Kumala Cintya Ayu Budiarti.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item