Perancangan receiver sistem scada untuk pengontrolan miniatur mesin secara nirkabel menggunakan RF Modem.

WahyuGalihSaputro (2008) Perancangan receiver sistem scada untuk pengontrolan miniatur mesin secara nirkabel menggunakan RF Modem. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi komunikasi dalam dunia industri sangat diperlukan dalam beberapa waktu ini, sebab keinginan dalam melakukan segala sesuatu dengan lebih mudah dan terkontrol terus berkembang. Pada awalnya mesin dijalankan dan dikontrol secara mekanis saja, kemudian berkembang menjadi sebuah mesin yang digerakkan dengan rangkaian elektronik dan manusia tetap bekerja sebagai operator dengan mengunakan tombol-tombol yang ada pada panel kontrol elektrik mesin, sampai pada saatnya mesin mulai dikontrol dengan menggunakan komputer, jadi mesin dapat dikontrol secara software dan kabel sebagai penghubungnya, akan tetapi apabila mesin yang dikontrol sangat banyak dan jaraknya berjauhan maka akan memerlukan banyak kabel dengan instalasi yang rumit, dan pastinya akan memerlukan banyak biaya. Berdasarkan dari hal tersebut Pengontrolan akan lebih praktis dan mudah instalasinya apabila pengontrolan mesin dilakukan secara nirkabel, yang dibutuhkan dalam pembuatan kontrol mesin secara nirkabel ini adalah RF modem sebagai pemancar dan penerima data, mikrokontroller sebagai pengontrol mesin dan komputer sebagai pengatur mesin secara oftware,proses yang dalam pengontrolan ini adalah dimulai dari komputer mengirimkan data ke RF modem Tx dan oleh RF modem Rx data tersebut diterima dan kemudian dibaca oleh mikrokontroller untuk diterjemahkan menjadi perintah pengontrolan miniatur mesin. Dari perencanaan dapat disimpulkan bahwa selama proses pengiriman melalui RF modem, RF modem menyisipkan beberapa data untuk alamat dan laporan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/99/050800738
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Mar 2008 11:40
Last Modified: 17 Mar 2008 11:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139659
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item