Penerapan Metode Six Sigma Untuk Peningkatan Kualitas Hasil Proses Produksi Kapsul Lunak Yodiol di PT. Kimia Farma (Persero) Tbk

LTriWijayaNKusuma (2009) Penerapan Metode Six Sigma Untuk Peningkatan Kualitas Hasil Proses Produksi Kapsul Lunak Yodiol di PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada proses pembuatan produk kapsul lunak yodiol di PT. Kimia Farma Unit Plant Watudakon, ditemukan masalah- masalah yang berhubungan dengan masih tingginya variabilitas output produk yang dihasilkan baik variable defect maupun attribute defect . Hal ini disebabkan oleh proses control dan teknologi yang digunakan kurang baik, yang menyebabkan kondisi output produk kurang memenuhi standart minimum defect ( Spesifikasi ). Untuk pemecahan masalah tersebut, akan digunakan metode Six Sigma dengan siklus DMAIC , dimana tahap pertama yang dilakukan adalah mendefinisikan peta proses, dan melakukan analisis Pareto terhadap defect yang terjadi ( Define ) . Tahap kedua adalah mengidentifikasi CTQ dan mengukur kapabilitas proses masing- masing CTQ ( Measure ). Tahap ketiga adalah menganalisis faktor- faktor penyebab terjadinya defect tersebut ( Analyze ). Tahap keempat adalah merancang perbaikan proses dengan metode DOE ( Design Of Experiment ) untuk mengurangi defect produk ( Improve ) . Dan tahap terakhir adalah melakukan system control yang baik untuk mempertahankan hasil perbaikan yang telah dilakukan ( Control ). Dari hasil perbaikan dengan 1 siklus DMAIC diperoleh hasil bahwa untuk variable defect secara keseluruhan nilai sigma masih dibawah level 3 Sigma, sedangkan untuk attribute defect berada pada level diatas 3 Sigma. Dari tahap measure dapat dihitung nilai kapabilitas sigma untuk data variabel yang berupa berat kapsul sebesar 1,50 ( 133.614 DPMO ), berat cangkang 1,60 ( 109.599 DPMO ), volume kapsul 1,25 ( 211.300 DPMO ) dan untuk cacat atribut sebesar 3,95 ( 79,5 DPMO ). Pada tahap improve untuk cacat variabel hanya disarankan dengan metode FMEA dan untuk cacat atribut diperbaiki dengan metode DOE . Dari hasil perbaikan dengan DOE diperoleh peningkatan nilai kapabilitas sigma sebesar 0,03 menjadi 3,98 ( 69,72 DPMO ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/787/050900712
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Apr 2009 09:58
Last Modified: 13 Apr 2009 09:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139630
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item