Arahan Pengembangan Paket Wisata Kabupaten Malang,

Pratitis Sukma, Rani (2008) Arahan Pengembangan Paket Wisata Kabupaten Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Secara geomorfologis, Kabupaten Malang terdiri dari wilayah pegunungan, dataran dan perairan pantai yang terletak pada wilayah dataran tinggi bagian tengah Propinsi Jawa Timur dengan luas wilayah 334.787 Ha yang memungkinkan untuk pertumbuhan dan pengembangan wilayah Kabupaten Malang berbasis pada pariwisata dengan ditunjang oleh sumber daya alam sebagai nilai tambah pendukung daya tarik wisata dan sektorsektor unggulan lainnya seperti pertanian, perkebunan, peternakan, industri, dan sektor pariwisata sendiri. Berdasarkan RTRW Kabupaten Malang tahun 2003, saat ini ± 38 objek wisata terdapat di Kab. Malang yang tersebar hampir di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Malang meliputi wisata alam (pantai, air terjun, pegunungan dan bendungan), wisata budaya dan wisata buatan yang khusus dibangun sebagai obyek wisata yang tidak kalah menariknya dengan daerah lain dan dapat ditawarkan kepada wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Selain itu, sektor pariwisata juga menjadi salah satu sektor unggulan di Kabupaten Malang, dimana hal ini terlihat dari kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Malang yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Dalam perkembangannya sektor wisata di Kabupaten Malang masih mengalami banyak kendala baik dalam lingkup internal maupun eksternal. Adapun permasalahan eksternal pariwisata Kabupaten Malang meliputi kurangnya promosi potensi wisata yang ada ke daerah lain, sedangkan permasalahan internal pariwisata meliputi kurang terkaitnya objekobjek wisata di Kabupaten Malang sehingga menyebabkan perkembangan antar kawasan wisata menjadi kurang dinamis atau tidak seimbang. Apabila kondisi tersebut tidak diperhatikan, maka dikhawatirkan objekobjek wisata yang lain menjadi tidak berkembang meskipun memiliki potensi dan daya tarik yang sangat menarik. Oleh karena itu, untuk mendukung pengembangan dan pengoptimalan potensi wisata di Kab. Malang dapat diupayakan pengembangan paket wisata dengan memadukan antar objek wisata di tiap kecamatan di Kabupaten Malang untuk dikemas dalam satu paket, dimana paket wisata merupakan media efektif untuk mempromosikan potensi wisata di Kab. Malang kepada wisatawan. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik potensi wisata di Kabupaten Malang, kemudian mengidentifikasi karakteristik paket wisata yang sudah ada di Kabupaten Malang dan membuat arahan pengembangan paket wisata yang beragam serta menarik berdasarkan karakteristik potensi wisata di Kabupaten Malang. Dalam penelitian ini dibutuhkan data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data mengenai kondisi eksisting obyek wisata dan jenis paket wisata yang ada di Kabupaten Malang, sedangkan data sekunder berupa bukubuku, studistudi terdahulu serta data dari instansi terkait mengenai pariwisata di Kabupaten Malang. Untuk metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif dan kuantitatif. Metode deskriptif untuk menggambarkan karakteristik potensi wisata, karakteristik wisatawan dan paket wisata di Kab.Malang, sedangkan metode kuantitatif untuk menghitung lama perjalanan wisata dan menghitung harga paket wisata yang akan ditawarkan kepada wisatawan. Adapun penelitian ini untuk menentukan sampel menggunakan teknik sampling secara Purposive Sampling dan jumlah sampel diperoleh sebanyak 210 responden yang kemudian ditentukan sampel wisatawan untuk tiap obyek wisata yang menjadi obyek studi secara proportionate random sampling . Berdasarkan tahapan analisis yang telah dilakukan maka didapatkan hasil penelitian yaitu karakteristik potensi wisata di Kabupaten Malang cukup banyak dan beragam jenisnya dengan keunikan daya tarik masingmasing, memiliki produk khas daerah berupa hasil alam/ hasil bumi dan kerajinan tangan dari masyarakat setempat serta kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana yang dapat ditawarkan kepada wisatawan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi wisatawan ketika melakukan perjalanan wisata. Kemudian berdasarkan karakteristik wisatawan menunjukkan bahwa dominasi wisatawan yang datang berkunjung ke obyek wisata di Kabupaten Malang berasal dari luar Kabupaten Malang yang masih berada dalam lingkup regional Jawa Timur meliputi Kota Malang, Surabaya, Mojokerto, Blitar, Kediri, Pasuruan, Jombang, Blitar dan Lumajang (68,8%) dengan dominasi wisatawan usia muda yaitu 1830 tahun (56,2%). Sedangkan berdasarkan persepsi wisatawan setelah berkunjung menunjukkan jika sebagian besar wisatawan merasa puas (50,3%) dan tertarik untuk berkunjung kembali ke Kabupaten Malang (47,8%). Untuk persepsi wisatawan terhadap pengadaan paket wisata menunjukkan jika sebagian besar wisatawan berminat untuk mengikuti paket wisata (43%). Adapun untuk analisis karakteristik paket wisata ditinjau berdasarkan paket wisata eksisting dan komponenkomponen wisata yang tersusun dalam satu paket wisata meliputi sarana trasnportasi, sarana akomodasi, sarana rumah makan, obyek dan atraksi wisata serta pramuwisata/guide sehingga dapat diperoleh hasil analisis untuk pengembangan paket wisata yang lebih menarik, beragam dan dapat memberikan pelayanan secara terpadu. Selanjutnya dari hasil analisis potensi di tiap objek wisata yang dilihat dari sisi penawaran ( supply ) meliputi kondisi keanekaragaman wisata ( something to do, something to see dan something to buy ), kondisi aksesibilitas daerah wisata (jarak, waktu tempuh dan kondisi jaringan jalan), kondisi sarana prasarana wisata dan dilihat dari sisi permintaan ( demand ) wisatawan meliputi lama tinggal dan jenis aktivitas, analisis pembagian wilayah wisata ( klaster ) serta rute wisata pada paket wisata eksisting dapat dibuat suatu alternatif rute perjalanan wisata antar lokasi objek wisata di Kabupaten Malang untuk mendukung pengembangan paket wisata di Kabupaten Malang. Adapun paket wisata yang dapat dikembangkan adalah jenis paket wisata rekreasi, paket wisata budaya, paket wisata olahraga, paket wisata minat khusus serta paket wisata bauran ( mix ) wisata rekreasi dan wisata budaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/708/050803597
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Nov 2008 08:41
Last Modified: 03 Jan 2022 03:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139541
[thumbnail of 050803597.pdf]
Preview
Text
050803597.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item