Evaluasi Pendahuluan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Panggung Rejo Kabupaten Malang.

MohammadFahmiHakim (2008) Evaluasi Pendahuluan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Panggung Rejo Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PLTMH Panggung Rejo terletak di Desa Panggung Rejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Di PLTMH ini terdapat dua buah generator sinkron 60 kVA. Dalam penelitian ini dilakukan evaluasi terhadap pembangunan PLTMH Panggung Rejo Kabupaten Malang. Evaluasi pendahuluan pembangunan PLTMH Panggung Rejo Kabupaten Malang dilakukan untuk mengetahui sampai sejauh mana penyimpangan hasil pembangunan PLTMH saat ini terhadap desain awal yang telah dibuat oleh tim dari Fakultas Teknik Jurusan Elektro Universitas Brawijaya dan mendapatkan evaluasi faktor-faktor yang menimbulkan losses akibat adanya kekurangsesuaian tersebut. Beberapa bagian yang kurang sesuai dengan desain awal dari PLTMH Panggung Rejo antara lain ketinggian jatuh air, saluran penghantar dan saluran buang, pipa pesat serta turbin air. Dari hasil perhitungan didapatkan daya keluaran teoritis yang dapat dibangkitkan pada PLTMH Panggung Rejo adalah sebesar 39,5517 kW, apabila kehilangan ketinggian jatuh air diperhitungkan maka nilai daya keluaran elektrik secara teoritis (Pout) tersebut berkurang menjadi 38,647 kW. Sedangkan daya maksimum berdasarkan hasil pengujian yang dibangkitkan generator di PLTMH Panggung Rejo pada kondisi nyata di lapangan adalah 20,096 kW.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/69/050800547
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Mar 2008 10:58
Last Modified: 19 Mar 2008 10:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139522
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item