Pengembangan Aplikasi WAP Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Hardware Komputer

ArdianKusuma (2008) Pengembangan Aplikasi WAP Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Hardware Komputer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagian besar pengguna komputer menganggap bahwa mendiagnosa kerusakan hardware komputer terlalu rumit untuk dilakukan dan terkadang mereka langsung membawa komputer ke teknisi tanpa merasa perlu untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada komputer tersebut dan hanya dapat dilakukan pada waktu dan tempat tertentu Sistem pakar adalah salah satu cabang dari kecerdasan buatan yang membuat penggunaan secara luas knowledge yang khusus untuk menyelesaikan masalah tingkat manusia yang pakar . Seiring dengan berkembangannya teknologi memungkinkan sistem pakar untuk diaplikasikan penggunaan nya dalam perangkat mobile dengan menggunakan jaringan GPRS dan teknologi WAP. Aplikasi WAP Sistem Pakar ini dirancang untuk membantu dalam menangani kerusakan komputer yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dengan menjalankan aplikasi WAP sistem pakar diagnosa kerusakan hardware komputer para pengguna komputer dapat mengetahui kerusakan hardware komputer serta solusi untuk mengatasi kerusakan tersebut dan untuk hardware pemproses dilengkapi dengan faktor kepastian. Aplikasi WAP Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Hardware Komputer ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemprograman WML dan PHP , serta MySQL sebagai sarana penyimpan data. Aturan yang terdapat dalam sistem pakar ini dapat dengan mudah diperbaharui pada lingkungan pengembang sistem pakar melalui admin, sehingga dapat menyesuakain dengan perkembangan hardware dan jenis kerusakan baru. Dari hasil pengujian test turing, sistem pakar ini memiliki tingkat akurasi rata-rata sebesar 86%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/663/050803311
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Oct 2008 12:03
Last Modified: 27 Oct 2008 12:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139495
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item