Arahan Permukiman Kumuh Sempadan Sungai Kali Surabaya Sesuai Perda Penataan Sempadan Sungai Kali Surabaya dan Kali Wonokromo.

IbnuFajar (2008) Arahan Permukiman Kumuh Sempadan Sungai Kali Surabaya Sesuai Perda Penataan Sempadan Sungai Kali Surabaya dan Kali Wonokromo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kawasan sempadan sungai Kali Surabaya dimanfaatkan sebagai tempat hunian dan tempat menjalankan usaha yang telah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Perda yang baru dikeluarkan oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur tentang Penataan Sempadan Sungai Kali Surabaya dan Kali Wonokromo Bab IV Pasal 13 poin A tentang peruntukan dan pemanfaatan tanah daerah sempadan sungai diperuntukkan bagi keperluan kawasan permukiman terbatas. Permukiman penduduk tersebar, sebagian di sepanjang stren Kali Surabaya dan berdiam di pemukiman kampung dengan gang-gang yang sempit. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu menentukan arahan penataan permukiman kumuh sempadan sungai Kali Surabaya sesuai Perda Penataan Sempadan Sungai Kali Surabaya dan Kali Wonokromo. Berdasarkan nilai konversi dapat diketahui permukiman kumuh tinggi terdapat di permukiman kumuh sempadan sungai Kali Surabaya Kelurahan Wonokromo dan Waru Gunung dengan jumlah nilai indikator variabel permukiman kumuh sebesar 93 dan 84. Metode perencanaan ZOOP yang dihasilkan adalah prioritas pertama dengan bobot 251 – 300 yaitu penerapan perda penataan sempadan sungai Kali Surabaya. Prioritas kedua dengan bobot 201 – 250 yaitu pembangunan tanggul dan plengsengan sungai Kali Surabaya, pembangunan prasarana permukiman yaitu : perbaikan jalan inspeksi sungai Kali Surabaya dan jalan lingkungan, perbaikan saluran drainase dengan normalisasi saluran dan penambahan dimensi saluran pembangunan, pembangunan saluran air bersih PDAM untuk komunal, pembangunan MCK umum dan septic tank komunal. Prioritas ketiga dengan bobot 151 – 200 yaitu penyuluhan-penyuluhan mengenai tata cara pengurusan sertifikat tanah, kawasan bebas bangunan sempadan sungai Kali Surabaya, manfaat hidup bersih dan sehat, serta penyediaan lapangan kerja khususnya masyarakat sempadan sungai Kali Surabaya. Kesimpulan hasil penelitian adalah keberadaan permukiman padat penduduk sempadan sungai Kali Surabaya tidak ditunjang dengan sarana prasarana permukiman yang memadai sehingga permukiman tersebut dapat digolongkan ke dalam permukiman kumuh. Saran hasil penelitian adalah pembahasan mengenai aspek pembiayaan suatu arahan program atau rencana akan lebih baik jika dilakukan dikarenakan akan memberikan gambaran secara rasional suatu arahan program atau rencana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/635/050803284
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Oct 2008 09:53
Last Modified: 21 Feb 2024 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139470
[thumbnail of IBNU FAJAR.pdf] Text
IBNU FAJAR.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item