istem Downloader Data Memori Mikrokontroler Atmel-AVR Melalui Inframerah: Sisi Targe,

AriefMardhiBasuki (2008) istem Downloader Data Memori Mikrokontroler Atmel-AVR Melalui Inframerah: Sisi Targe,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengujian parameter pergerakan robot KRI di lapangan uji memerlukan proses pemrograman mikrokontroler AVR secara berulang-ulang. Pemrograman mikrokontroler AVR pada robot membutuhkan usaha memindahkan robot menuju komputer untuk pemrograman memori mikrokontroler, selanjutnya membawa robot kembali ke lapangan untuk pengujian ulang. Usaha memindahkan robot menyita banyak waktu dan tenaga karena bobot rata-rata robot otomatis sekitar sepuluh kilogram. Penggunaan media kabel panjang sebagai solusi terhadap permasalahan ini dianggap tidak praktis. Alternatif solusi terhadap permasalahan tersebut adalah penggunaan downloader dengan memanfaatkan teknologi nirkabel sehingga dirancanglah “ Sistem Downloader Data Memori Mikrokontroler Atmel-AVR Melalui Inframerah ” yang terdiri atas sisi pemrogram dan sisi target. Sistem yang terdapat pada sisi target bertugas untuk menangani operasi pemrograman memori mikrokontroler target menggunakan metode ISP dengan antarmuka SPI. Komunikasi data antara sisi target dengan sisi pemrogram menggunakan suatu protokol yang dibangun di atas protokol data serial USART. Komunikasi data menggunakan media transmisi inframerah. Sisi target dilengkapi dengan SRAM eksternal untuk menyimpan sementara data memori mikrokontroler target yang diterima dari atau dikirim ke sisi pemrogram. Sistem pada sisi target mampu menangani operasi pemrograman memori mikrokontroler dari keluarga Atmel AVR. Operasi pemrograman memori tersebut meliputi hapus memori, baca tulis memori Flash, baca tulis memori EEPROM, baca tulis Fuse bit serta operasi baca device signature mikrokontroler target. Ukuran memori maksimal yang dapat ditangani oleh sistem ini adalah 32 Kbyte. Sisi target juga dapat berkomunikasi secara half-duplex dengan baik dengan sisi pemrogram. Baud rate transmisi data melalui media inframerah yaitu 2400 bps. Jarak jangkau inframerah di dalam ruangan adalah 12 meter serta pada jarak 8,5 meter memiliki view angle sebesar 1,67 O .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/627/050803276
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Oct 2008 13:28
Last Modified: 27 Oct 2008 13:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139461
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item