Pengaruh Orientasi Sudut Dan Fraksi Volume Serat Grafit Terhadap Kekuatan Tarik Material Komposit Epoxi Dengan Menggunakan Simulasi Kompter

GisimAShahab (2008) Pengaruh Orientasi Sudut Dan Fraksi Volume Serat Grafit Terhadap Kekuatan Tarik Material Komposit Epoxi Dengan Menggunakan Simulasi Kompter. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini Material komposit merupakan material yang banyak digunakan di industri sebagai pengganti material logam. Keuntungan dari material komposit diantaranya tahan korosi, ringan, dan sifat kekakuan yang tinggi. Material komposit terdiri dari dua bagian, yaitu matrik dan serat. Matrik berfungsi sebagai pelindung atau perekat serat dan juga sebagai pendistribusi beban yang dikenakan pada material komposit serat. Sedangkan fungsi serat adalah untuk menerima beban yang diterima oleh komposit sehingga komposit mempunyai kekuatan yang lebih tinggi. Dengan merubah orientasi sudut dan fraksi volume serat grafit maka semakin meningkat material penguat dan dapat membantu mengikat matrik didalam material komposit epoxi sehingga dengan meningkatnya fraksi volume dan orientasi sudut serat grafit maka sifat mekanik pada komposit epoxi akan meningkat pula. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan simulasi metode elemen hingga dengan bantuan komputer. Variasi orientasi sudut serat yang digunakan 0 o , 15 o , 30 o , 45 o , 60 o , 75 o , 90 o . Untuk variasi fraksi volume serat yang digunakan 10%, 20%, 30%, 40%, 50%. Masing-masing hasil simulasi dibandingkan untuk dilihat kecenderungan distribusi tegangan tegangan maksimum, regangan maksimum dan modulus elastisitas untuk mengetahui kekuatan tarik dari material komposit epoxi bila serat grafit divariasikan. Dari hasil simulasi didapatkan tegangan maksimum akan meningkat bila orientasi sudut dan fraksi volume meningkat. Regangan maksimum akan menurun bila fraksi volume ditingkatkan, sedangkan pada orientasi sudut terjadi peningkatan regangan maksimum, dan pada modulus elastisitas akan meningkat bila fraksi volume meningkat, sedangkan modulus elastisitas akan menurun bila orientasi sudut serat meningkat. Akan tetapi tren kenaikan itu hanya terjadi sampai pada fraksi volume 30% dan orientasi sudut 45 o , setelah itu terjadi perubahan kekuatan tarik pada material komposit karena terjadi perubahan fungsi pada serat, yang semula sebagai penguat dan pengisi material komposit menjadi pengisi saja, defomasi elastis yang menurun yang disebabkan oleh pengerasan regangan dan meningkatnya deformasi elastis yang disebabkan kekakuan bahan material komposit menurun. Dan juga, dengan orientasi sudut serat, perubahan luas penampang pada serat dapat membantu meningkatkan fungsi serat pada material komposit epoxi, meningkatkan ikatan antar serat dan matrik, meningkatkan pengerasan regangan sehingga deformasi elastis menurun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/612/050802860
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Sep 2008 09:23
Last Modified: 25 Sep 2008 09:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139446
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item