Evaluasi Kinerja Operasional dan Finansial Angkutan Perdesaan Trayek GTS (Gadang – Turen – Sendangbiru) di Kabupaten Malang.

Yusu fAhmad, Warseno (2008) Evaluasi Kinerja Operasional dan Finansial Angkutan Perdesaan Trayek GTS (Gadang – Turen – Sendangbiru) di Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan transportasi di wilayah perdesaan khususnya angkutan umum pada dasarnya adalah tingkat pelayanan rendah, waktu tempuh cukup lama, jumlah penumpang melebihi kapasitas angkutan, dan tingkat kenyamanan rendah serta tarif mahal, disamping itu tidak berfungsinya subterminal sebagai pusat pengaturan. Angkutan perdesaan jalur GTS menjadi salah satu permasalahan transportasi di Kabupaten Malang. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari studi ini adalah untuk mengetahui karakteristik pola perjalanan penumpang, mengevaluasi kinerja operasional dan finansial angdes GTS yang pada akhirnya menyusun arahan perbaikan kinerja angkutan perdesaan GTS jika kinerja tidak seperti diharapkan yaitu yang didasarkan pada indikator pelayanan angkutan umum. Kinerja yang ingin dievaluasi adalah kinerja operasional yaitu load factor, travel time , headway , dan kebutuhan jumlah armada. Sedangkan untuk kinerja finansial adalah kinerja tarif, biaya operasional kendaraan, pendapatan angdes, pendapatan pemilik dan pendapatan operator (sopir dan kernet). Dalam penelitian ini dibutuhkan data primer dan data sekunder. Sebelum menentukan lokasi dan melakukan persiapan, dilakukan survei pendahuluan untuk menentukan jam sibuk dan tidak sibuk. kemudian mulai melakukan penelitian di lapangan untuk mendapatkan data primer (data penumpang, waktu perjalanan, waktu jalan, headway , asal dan tujuan penumpang, data tarif, biaya tetap dan tidak tetap serta pendapatan) dengan mengambil beberapa sampel (penumpang 100 sampel, sopir 20 sampel, pemilik 10 sampel dan 18 rit perjalanan bolak-balikl) serta pengumpulan data sekunder (rute angdes dan jumlah armada yang beroperasi). Setelah semua data diperoleh kemudian dilakukan analisa data. Berdasarkan tahapan analisis yang telah dilakukan maka, didapatkan hasil penelitian yaitu pergerakan penumpang dipengaruhi oleh tata guna lahan yang ada di sepanjang trayek, diantaranya pasar dan tempat wisata yaitu pantai sendangbiru. Dominasi pergerkan dimulai dari dan ke Pasar Turen, dan dari dan ke Sendangbiru. Untuk kinerja operasional ditinjau dari ratarata faktor muat angdes GTS melebihi standar ideal yang ada yaitu 78,13 %, kemudian posisi duduk tidak mementingkan kenyamanan penumpang, tempat duduk dirombak dari berkapasitas 12 menjadi 18 orang. waktu tunggu penumpang yang lama berkisar antara 16 – 28 menit, dan frekuensi yang rendah antara 2 – 3 kendaraan per jam. Sedangkan dari kinerja finansial pengadaan jasa angdes GTS secara umum merupakan usaha yang menguntungkan namun jika dilihat dari pembagian keuntungan antara pihak yang terkait ternyata ada pihak yang memperoleh untung masih dibawah UMR Kab Malang sedangkan ada pihak lain yang jauh melebihi UMR Kab Malang tahun 2007 yang besarnya Rp. 743.250,00. Agar permasalahan kinerja operasional dan finansial dapat ditangani maka diberikan suatu arahan perbaikan kinerja yaitu melakukan perbaikan pendapatan sopir dan kernet yaitu meningkatkan upah hingga melebihi UMR. Selanjutnya melakukan perhitungan titik imbang antara load faktor yang harus diangkut dengan BOK baru yang harus ditanggung dengan pendapatan pengusaha yang akan diperoleh, maka didapatkan load faktor 51 % minimal jika pengusaha akan mendapatkan keuntungan yang sama dengan sebelumnya dan besar BOK yang ditanggung sebesar Rp 8.240.391,13 Sedangkan keuntungan yang akan diperoleh adalah Rp1.660.929,00 bln, dengan load faktor 51% sehingga didapat jumlah operasi kendaraan persesi waktu adalah berkisar antara 17 – 26 kendaraan, headway yang baru berkisar 10 – 17 menit dan frekuensi berkisar 4 – 6 kend/jam. Tahapan selanjutnya adalah melakukan penjadwalan keberangkatan kendaraaan yang diperoleh pada tiap waktunya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/611/050802859
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Sep 2008 09:35
Last Modified: 03 Jan 2022 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139445
[thumbnail of 050802859.pdf]
Preview
Text
050802859.pdf

Download (801kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item