Studi Elemen Perkerasan Melalui Eksplorasi Material dan Bentuk Penutup Tanah : Studi kasus: batu pijakkan / stepping stone pada ruang luar sebagai informal walkway design.

LelyMaretaLestari (2008) Studi Elemen Perkerasan Melalui Eksplorasi Material dan Bentuk Penutup Tanah : Studi kasus: batu pijakkan / stepping stone pada ruang luar sebagai informal walkway design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan kreasi material dan bentuk penutup tanah dipengaruhi oleh teknologi dan proses kreatif sehingga dapat meningkatkan nilai estetika visual bagi runag luar tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengkaji kriteria (parameter) rancangan penutup tanah yang dapat diterapkan sebagai batu pijakkan ( stepping stone ) dan mengkaji alternatif variasi bentuk komposisi, susunan, dan kombinasi material alami dan buatan sebagai material penutup tanah melalui eksperimen dengan pemodelan mock-up yang dapat digunakan sebagai batu pijakkan (stepping stone). Hasil penelitian yang didapat diharapkan dapat menjadi alternatif variasi bentuk dan komposisi penutup tanah dengan mengkombinasikan material alami dan buatan melalui pemodelan mock-up yang dapat diterapkan sebagai batu pijakkan (stepping stone). Teknik pengumpulan data dibedakan menjadi pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui survey fakta empirik di lapangan sedangkan data sekunder diperoleh dari perpustakaan maupun internet dan studi komparasi. Analisa data dilakukan dengan metode tahapan observasi literatur, tahapan eksperimen, tahapan sintesis data. Rancangan batu pijakkan/ stepping stone disesuaikan dengan fungsi penutup tanah yang difungsikan sebagai informal walkway design . Aktivitas dengan intensitas rendah merupakan salah satu batasan penetapan parameter rancangan batu pijakkan/ stepping stone . Begitu juga dengan karakter material yang digunakan sebagai penutup tanah, menyesuaikan dengan kondisi fisik kaki manusia normal. Sedangkan untuk jarak antar group batu pijakkan/ stepping stone menggunakan standar jarak yang terdapat dalam buku literatur standar elemen eksterior. Hasil penelitian yang diperoleh dapat digunakan untuk alternatif kriteria rancangan penutup tanah, yaitu berupa dimensi batu pijakkan/ stepping stone , campuran bahan material, jenis dan detil elemen dekoratif, prosentase bidang yang tertutupi elemen dekoratif dan tidak tertutupi, finishing, pemasangan. Selain itu juga didapatkan hasil eksperimen yang berupa alternatif variasi bentuk komposisi, susunan dan kombinasi material yang dapat digunakan sebagai penutup tanah dengan bahan material yang telah memenuhi kriteria material penutup tanah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/533/050802692
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Sep 2008 09:01
Last Modified: 11 Sep 2008 09:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139367
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item