Perancangan dan Pembuatan Detektor Banjir Menggunakan Fasilitas SMS

LuthfiahAnggraini (2008) Perancangan dan Pembuatan Detektor Banjir Menggunakan Fasilitas SMS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan informasi dapat diketahui dengan cepat dan mudah. Seperti pada perubahan kenaikkan permukaan air akibat terjadinya banjir yang datangnya tidak terduga. Permasalahan yang ada adalah masih digunakannya alat pencatat permukaan air seperti pelampung, di mana perubahan permukaan air yang kontinu tidak dapat diketahui karena adanya human error ketika mengamati keadaan permukaan air. Hal ini kurang efisien untuk mendeteksi terjadinya banjir. Dalam Skripsi ini akan dilakukan perancangan dan pembuatan sistem detektor banjir. Sensor ultrasonik digunakan sebagai alat pengukur jarak permukaan air untuk mendeteksi terjadinya banjir. Dengan pembuatan perangkat lunak pada mikrokontroler sebagai pengontrol kerja sistem dan pengatur SMS gateway untuk jalur informasi, maka dapat diciptakan suatu detektor banjir yang dapat menyampaikan informasi dengan cepat dan mudah melalui SMS. Informasi pendeteksian banjir yang dikirim adalah pendeteksian banjir terakhir yang dilakukan setiap 15 detik. Informasi pendeteksian ini akan secara langsung dikirim melalui SMS apabila jarak permukaan air memenuhi kriteria siaga banjir dan adanya kenaikan tinggi sebesar 1 cm. Hasil pendeteksian dikirim melalui SMS yang berisi status siaga serta ketinggian permukaan air. Dari hasil pengujian, persentase kesalahan rata-rata pengukuran tinggi permukaan air adalah 2,83 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/507/050802545
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Sep 2008 10:12
Last Modified: 02 Sep 2008 10:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139345
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item