Miniatur Jembatan Timbang Digital Untuk Uji Pengukuran Berat Kosong Kendaraan Dilengkapi Penyimpanan Data.

BrediAndryPurnomo (2008) Miniatur Jembatan Timbang Digital Untuk Uji Pengukuran Berat Kosong Kendaraan Dilengkapi Penyimpanan Data. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengujian berkala kendaraan bermotor merupakan serangkaian kegiatan menguji dan memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor yang dilakukan secara berkala dalam rangka pemenuhan persyaratan teknis dan layak jalan. Tujuan pelaksanaan uji berkala kendaraan bermotor ini adalah untuk memberikan jaminan keselamatan secara teknis ( safety ) dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pada uji ukur berat kendaraan di lapangan umumnya menggunakan timbangan portable yang pada kenyataan timbangan portable kurang praktis karena mengukur berat persumbu sedangkan uji ukur menggunakan jembatan timbang dapat mengukur semua sumbu sekaligus dalam sekali ukur, ditambah lagi penyimpanan dan pengolahan data di lapangan dilakukan secara manual sehingga kurang menghemat waktu pengukuran dan proses pengolahan data. Pada perancangan alat ini adalah membuat suatu miniatur jembatan timbang digital yang digunakan untuk mengukur berat persumbu kendaraan dan berat total kendaraan secara otomatis. Untuk sensor yang digunakan adalah fleksiforce dengan range ukur 0- 11 Kg. Proses pengolahan data dilakukan oleh mikrokontroler AT89S52. Mikrokontroller AT89S8252 ini memberikan perintah pada LCD untuk menampilkan hasil pengukuran berat dan waktu pengukuran yang didapat dari RTC DS1307. Proses uji ukur ini memanfaatkan keypad untuk memasukkan data-data kendaraan seperti nomor kontrol dan jenis kendaraan. Setelah proses pengukuran selesai maka data pengukuran akan dikirim ke komputer untuk dilakukan proses pengolahan data lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/502/050802540
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Sep 2008 09:50
Last Modified: 02 Sep 2008 09:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139342
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item