Pengunci Terprogram Menggunakan RFID pada Media Televisi untuk Membatasi Jam Menonton bagi Anak-anak.

HeriPriyaWaspada (2008) Pengunci Terprogram Menggunakan RFID pada Media Televisi untuk Membatasi Jam Menonton bagi Anak-anak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tayangan televisi untuk anak-anak sekarang sudah begitu banyak, sehingga diperlukan kontrol dari orang tua agar anak-anak tidak berlebihan dalam menonton televisi. Dikhawatirkan apabila anak-anak berlebihan dalam menonton televisi, akan berpengaruh terhadap kegiatan belajar dan berpengaruh pada perilaku anak. Untuk itu perlu dibatasi waktu untuk menonton televisi dan tidak menjadikan televisi sebagai pusat perhatian di rumah. Oleh karena itu perlu suatu alat yang berfungsi sebagai pengunci terprogram menggunakan RFID pada media televisi untuk membatasi jam menonton bagi anak-anak. Sebagai pengontrol pada alat ini adalah sebuah mikrokontroler AT89S8252 yang terhubung dengan komponen lain, yaitu: pembaca RFID, keypad , RTC, LCD, buzzer , relay TV dan pengendali jendela televisi. Akses televisi berdasarkan terbuka dan tertutup-nya jendela televisi dan kontrol catu daya pada televisi. Pembaca RFID akan membaca data kartu RFID dan mengirimkannya pada mikrokontroler, kemudian data tersebut akan dicocokkan dengan data yang sudah tersimpan dalam memori mikrokontroler. Apabila data yang dikirimkan pembaca RFID sesuai dengan data yang tersimpan dalam memori dan password -nya benar maka kartu RFID tersebut akan masuk ke menu sesuai levelnya yaitu user atau admin . Alat ini diharapkan mampu mengatur waktu untuk menonton televisi bagi anak-anak dan membantu orang tua untuk mengontrol kegiatan anak mereka terutama dalam hal menonton televisi. Alat yang dirancang merupakan sebuah miniatur kotak televisi dengan ukuran panjang 40 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 22 cm. Untuk pembaca RFID dapat membaca kartu RFID dengan baik pada jarak pembacaan 6 cm. Televisi bisa diakses hanya jika jendela televisi dalam keadaan terbuka dan relay TV dalam keadaan on , apabila ketentuan tersebut tidak terpenuhi maka televisi tidak bisa diakses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/449/050802251
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Aug 2008 09:24
Last Modified: 25 Aug 2008 09:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139291
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item