Penerapan Teknologi Web Content Management System (CMS) Pada Perpustakaan Digital Ruang Baca Teknik Elektro Universitas Brawijaya.

HaqqulAElFaris (2008) Penerapan Teknologi Web Content Management System (CMS) Pada Perpustakaan Digital Ruang Baca Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Web merupakan sumber daya internet yang banyak digunakan oleh berbagai organisasi untuk mendukung kelancaran usaha, dari sekedar menangani penyampaian informasi sampai ke penyelenggaraan bisnis. Peningkatan arus informasi yang sangat cepat mendorong berkembangnya teknologi web yang memberikan kemudahan dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Teknologi web tersebut lebih dikenal dengan sebutan web Content Management System (CMS). Web CMS memberikan kemudahan pada user dalam melakukan perubahan informasi tanpa melibatkan pemrogram atau webmaster . Aplikasi web CMS tersebut menyediakan tools yang memudahkan pengguna untuk mengatur setiap content yang ada dalam website- nya. Aplikasi Web CMS yang akan dibuat pada Ruang Baca Teknik Elektro (RBTE) lebih menekankan pada fungsi utama CMS, yaitu manajemen data. Aplikasi yang akan dibuat diberi nama web RBTE. Aplikasi ini diharapkan dapat mempercepat dalam proses pengelolaan data dalam sebuah ruang baca. Aplikasi web RBTE memfokuskan pada pengolahan data/dokumen ruang baca. Pengembangan aplikasi ini melalui beberapa tahap, yaitu analisis, desain, implementasi dan pengujian. Tahap analisis menggunakan bantuan Entity Relationship Diagram (ER Diagram) dan Data Flow Diagram (DFD). Aplikasi web RBTE dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, PostgreSQL sebagai databasenya dan web server Apache. Kualitas aplikasi didapat dengan melakukan pengujian algoritma dan validasi pada sistem web RBTE. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun adalah valid sesuai dengan kebutuhan dari user .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/439/050802241
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Aug 2008 15:36
Last Modified: 19 Aug 2008 15:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139282
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item