Perancangan Sistem Proteksi Jaringan SUTM Pada Saluran Baru di Kelurahan Wiyurejo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang

KristoforusHarrisC, (2008) Perancangan Sistem Proteksi Jaringan SUTM Pada Saluran Baru di Kelurahan Wiyurejo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem perlindungan dari suatu jaringan listrik merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan pasokan daya maupun perlindungan bagi perlatan distribusi. Apabila terjadi perkembangan beban maka rating dari suatu pengaman harus dikaji ulang untuk mengetahui apakah masih bisa menanggung arus beban yang yang melewatinya, demikian juga apabila ada penambahan cabang saluran baru yang secara langsung menambah arus beban. Sebuah pengaman juga perlu diaplikasikan pada saluran cabang baru yang akan dibangun, yang bertujuan untuk melindungi saluran utama tempat cabang baru ini mempeoleh saluran daya sehingga apabila terjadi gangguan pada saluran cabang maka gangguan tersebut dapat dilokalisir. Adapun skripsi ini menganalisis kebutuhan pengaman yang diperlukan untuk mengamankan gangguan yang mungkin terjadi pada saluran yang akan dibangun pada Dukuh Borah, Kelurahan Wiyurejo, Kabupaten Malang dengan tujuan mendapatkan koordinasi pengaman yang paling tepat. Pasokan daya didapatkan dari penyulang Pujon, gardu induk Sengkaling. Analisis dilakukan untuk menemukan koordinasi pengaman, terutama pengaman FCO yang terdapat pada saluran distribusi primer penyulang Pujon. Hal ini dilakukan dengan menghitung besar arus gangguan maksimum yang mungkin terjadi pada saluran baru yang akan dibangun dan menentukan rating pengaman yang akan dipasang. Setelah itu dilakukan analisis koordinasi pengaman menggunakan kurva aruswaktu dan juga koordinasi dengan pemutus tenaga pada sisi penyulang. Dari hasil analisis, didapatkan bahwa pada saluran baru dengan arus gangguan maksimum sebesar 1.509,16 A dan arus nominal 0,7055 A perlu dipasang FCO dengan pelebur tipe lambat rating 6T dengan kemampuan hantar arus nominal maksimum 7,8 A dan penggantian pelebur FCO Wiyurejo dengan rating yang lebih tinggi untuk mendapatkan koordinasi fusa yang sempurna. Adapun pelebur pengganti pada FCO Wiyurejo dapat meredam gangguan maksimum sebesar 1.937,67 A lebih cepat dari pemutus tenaga pada sisi penyulang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/427/050802229
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Aug 2008 16:05
Last Modified: 14 Aug 2008 16:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139270
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item