Perancangan Kontroler On-Off Pada Sistem Pengendalian Temperatur Oven

DiahIkayanti (2008) Perancangan Kontroler On-Off Pada Sistem Pengendalian Temperatur Oven. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini semakin banyak bermunculan industri ataupun perusahaan yang bergerak dalam bidang kuliner. Selain keahlian dalam mengolah rasa, membuat, membentuk, memanggang dan membakar suatu makanan, juga diperlukan berbagai macam peralatan yang mendukung berbagai macam cara pengolahan tersebut. Salah satu alat yang digunakan untuk memanggang dan membakar adalah oven. Kontrol dua posisi diterapkan pada oven sebagai pengendali untuk menentukan suhu dan waktu yang tepat dengan cara pengambilan keputusan dari masukan berupa error suhu menjadi output suhu yang tepat. Rancangan oven yang dibuat terdiri dari susunan rangkaian komponen sensor suhu, sensor cahaya, rangkaian ADC 0804, rangkaian mikrokontroler AT89S51, rangkaian LCD, rangkaian relay dan pemanas ( heater ). Untuk perangkat lunak ( software ) yang digunakan menggunakan bahasa Assembly sebagai software yang diterapkan pada mikrokontroler AT89S51 yang nantinya akan mengontrol otomatis. Dari hasil perancangan, pengujian yang dilakukan dengan menggunakan kontrol on-off pada oven listrik ini memiliki tingkat error steady state yang kecil yaitu kurang dari 5% pada saat terjadi gangguan. Dengan set point suhu untuk semua kue berkisar antara 130 0 – 180 0 C dan waktu yang diperlukan untuk kue berkisar antara 17 – 45 menit, memiliki tingkat error steady state sebesar ≤ 4.6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/403/050802205
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Aug 2008 09:06
Last Modified: 19 Aug 2008 09:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139244
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item