Perancangan Antena Biquad Untuk Komunikasi WLAN 2,4 GHz.

PutuAgusPradnyanaJaya (2008) Perancangan Antena Biquad Untuk Komunikasi WLAN 2,4 GHz. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini teknologi informasi berkembang sangat pesat seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan jasa layanan multimedia. Teknologi jaringan komputer memegang peranan yang sangat penting dalam komunikasi data. Dewasa ini, untuk mengkoneksikan sistem informasi dan jaringan komputer sudah banyak digunakan teknologi wireless LAN (WLAN). Wireless merupakan suatu sistem komunikasi data yang digunakan untuk menyambung jaringan komputer dengan menggunakan udara sebagai media komunikasinya ( nirkabel ). Dalam komunikasi menggunakan wireless, salah satu piranti penting yang harus diperhatikan adalah antena. Baik atau buruk kualitas sebuah informasi yang dikirimkan ataupun diterima dalam sebuah proses transmisi sangat dipengaruhi oleh antena yang digunakan.Untuk sistem komunikasi wireless 2,4 GHz terdapat banyak jenis antena yang dapat digunakan untuk mengaplikasikannya. Beberapa jenis antena yang ada umumnya memiliki ukuran yang relatif besar dan harga yang cukup mahal. Dengan demikian perlu dirancangnya sebuah antena alternatif yang sederhana, yang memiliki dimensi relatif kecil, fleksibel, praktis, dan tentunya dengan biaya yang terjangkau untuk sistem komunikasi wireless LAN 2,4 GHz tersebut. Skripsi ini membahas tentang bagaimana merancang dan membuat antena yang memiliki dimensi relatif kecil dan sederhana untuk komunikasi WLAN 2,4 GHz, dan bagaimana pegujian terhadap parameter-parameter antena hasil rancangan tersebut. Dalam perancangan, bahan untuk dipole antena digunakan kawat tembaga dengan panjang sisi sebesar 31,25 mm. Sedangkan untuk reflektor antena digunakan bahan papan PCB polos dengan panjang sisi sebesar 9,9 cm. Jarak antara dipole antena dengan reflector sebesar 16 mm dengan menggunakan pipa tembaga sebagai pengaturnya. Pengujian parameter antena hasil rancangan dilakukan di STT Telkom Bandung. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, Antena Biquad hasil perancangan memiliki nilai Return Loss sebesar -11,574 dB, dengan nilai VSWR sebesar 1,717. Antena Biquad hasil perancangan memiliki pola radiasi Unidirectional , dengan penguatan sebesar 11,506 dBi dan bandwidth sebesar 275 MHz. Dengan memperhatikan hasil pengujian beberapa parameter antena Biquad tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa antena hasil perancangan ini memadai untuk digunakan pada teknologi WLAN 2,4 GHz.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/282/050801429
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jun 2008 10:14
Last Modified: 27 Jun 2008 10:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139134
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item