CDI (Capacitive Discharge Ignition) Doubleband Untuk Sepeda Motor 4 Langkah.

TeguhCahyono (2008) CDI (Capacitive Discharge Ignition) Doubleband Untuk Sepeda Motor 4 Langkah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia otomotif, khsusnya motor meningkat pesat. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya motor berbagai jenis yang beredar di masyarakat Indonesia, juga dengan maraknya kegiatan roadrace di negara kita ini. Dengan demikian kebutuhan akan spare part motor pun meningkat. Salah satu spare pa rt yang penting pada motor adalah CDI, yang mana spare part ini memilik harga yang cukup mahal walaupun untuk CDI aftermarket . CDI ( Capacitive Discharge Ignition ) merupakan salah satu piranti elektronik yang terdapat pada sepeda motor yang berfungsi untuk mengatur pembakaran pada ruang bakar mesin. CDI Doubleband berarti didalam CDI ini terdapat dua peta pengapian motor, yang bisa diterapkan pada motor roadrace ataupun dua tipe motor yang berbeda. CDI dibuat dengan menggunakan rangkaian DC to DC Converter yang berupa IC MC 34063A, trafo, sebuah dioda penyearah, dan sebuah kapasitor. Kemudian dari DC to DC Converter tersebut muatan akan diisi kan pada kapasitor, tegangan pada kapasitor akan dinaikkan oleh koil pengapian motor dan diteruskan ke busi. Sebagai pengatur pengapian digunakan mikrokontroler ATMega 8 yang bekerja dengan masukan sinyal pulser yang mengindikasikan RPM mesin. Dari RPM yang didapat tersebut akan ditentukan suatu waktu tunda agar tercapai derajat pengapian sesuai keinginan dengan menggunakan metode look up table . Dari rangkaian CDI tersebut didapat suatu CDI yang memiliki tegangan keluaran 180 V – 380 V dimana tegangan keluaran kapasitor tersebut masih berada diatas batas yang diinginkan, yaitu 100 V. Error timing pengapian terbesar pada penentuan timing pengapian 0,5 persen dan terkecil 0,125 persen yang mana kesalahan ini dapat ditolerir. Mikrokontroler AVR ATMega 8 diisi dengan program yang sesuai dengan motor yang digunakan pada skripsi ini, yaitu Suzuki Smash. Hasil akhir dari skripsi ini yaitu CDI yang telah dibuat bisa iaplikasikan pada sepeda motor Suzuki Smash.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/277/050801407
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2008 09:32
Last Modified: 05 Aug 2008 09:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139130
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item