Perancangan Sistem Monitoring Koneksi Server Menggunakan SMS Gateway

MohammadAndiZakaria (2008) Perancangan Sistem Monitoring Koneksi Server Menggunakan SMS Gateway. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan jaringan internet telah menjadi trend yang diikuti oleh kalangan akademis tetapi juga oleh kalangan umum karena internet menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Kemudahan dalam mendapatkan informasi semakin dibutuhkan dalam kegiatan-kegiatan manusia, baik oleh perorangan atau suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatannya. Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. Untuk terhubung ke dalam jaringan internet setiap jaringan komputer memiliki server yang bertugas dalam pelayanan jaringan, mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan, dan menyediakan resource yang dapat dipakai oleh komputer lain yang terhubung dalam jaringannya. Sehingga apabila koneksi jaringan internet pada server terputus, maka dapat dipastikan komputer lain yang terhubung dalam jaringannya ikut terputus juga. Pada skripsi ini membahas perancangan sistem monitoring koneksi server dengan menggunakan SMS gateway kannel. Analisis performansi dititikberatkan pada parameter SMS yaitu Delay End to End. Pada perhitungan didapatkan nilai Delay End to End sebesar 0,02466 detik, sedangkan pada pengujian pengiriman data sebanyak 24 kali mulai pukul 13.00-12.00 didapat waktu rata-rata sebesar 8,2 detik, dan pada pengujian pengiriman data selama 7 hari setiap pukul 13.00 didapat waktu rata-rata sebesar 9 detik. Performansi pengiriman SMS paling baik pada pukul 23.00-06.00 dengan Delay End to End sebesar 6,7-7,7 detik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/256/050801347
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 May 2008 10:51
Last Modified: 08 May 2008 10:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139108
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item