Evaluasi Ruang Parkir di Malang Town Square

RrMikeAstriliaTjahjanintyas (2008) Evaluasi Ruang Parkir di Malang Town Square. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Malang Town Square (Matos) merupakan pusat perbelanjaan yang berskala pelayanan regional yang terletak di Jalan Veteran , Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen. Bangunan perdagangan dan jasa yang dibangun oleh PT. Lippo Karawaci Tbk. ini memiliki luas bangunan sebesar 47.500 m 2 . Banyaknya unit usaha yang ada di Matos memicu besarnya tarikan dan berpengaruh pada peningkatan intensitas pergerakan. Oleh karena itu diperlukan adanya penyediaan ruang parkir yang memadai untuk menampung kendaraan parkir pusat perbelanjaan tersebut. Peningkatan kendaraan yang menuju ke Matos puncaknya terjadi pada saat akhir pekan yang berimbas pada kapasitas ruang parkir yang disediakan tidak memenuhi kebutuhan parkir dan muncul parkir onstreet serta menimbulkan kemacetan di sekitar Matos. Pembahasan mengenai evaluasi ruang parkir di Matos maka dilakukan beberapa analisis yaitu analisis deskriptifevaluatif karakteristik parkir, analisis evaluatif kebutuhan parkir dan tingkat keoptimalan pemanfaatan ruang parkir di Matos, dan pengaruhnya terhadap kinerja Jalan Veteran dengan cara membandingkan tingkat pelayanan jalan baik dengan maupun tanpa Matos serta kinerja persimpangan oleh pintu keluar parkir Matos. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat akumulasi parkir pengunjung Matos berada pada hari libur yakni sebesar 563 kendaraan roda empat (pukul 19.31–20.00), dan 826 kendaraan roda dua (pukul 19.01–19.30). Durasi ratarata untuk pada hari libur untuk kendaraan roda empat yaitu selama 154,42 menit (2 jam 35 menit) dan kendaraan roda dua selama 152,78 menit (2 jam 33 menit). Pada hari kerja, durasi ratarata untuk kendaraan roda empat adalah 154,55 menit (2 jam 34 menit), sedangkan durasi ratarata parkir untuk kendaraan roda dua adalah 154,90 menit (2 jam 35 menit). Volume parkir total pada hari libur untuk kendaraan roda empat sebanyak 5.341 kendaraan dan kendaraan roda dua sebesar 10.458 kendaraan, sedangkan pada hari kerja volume parkir kendaraan roda empat mencapai 4.074 kendaraan dan kendaraan roda dua 8.656 kendaraan. Kapasitas ruang parkir di Matos sebanyak 430 SRP untuk kendaraan roda empat dan 460 SRP untuk kendaraan roda dua. Tingkat pergantian parkir kendaraan roda empat pada hari libur sebesar 1,03 kend./petak/jam dan kendaraan roda dua 1,91 kend./petak/jam, sedangkan tingkat pergantian parkir kendaraan roda empat pada hari kerja sebesar 0,78 kend./petak/jam dan kendaraan roda dua 1,57 kend./petak/jam. Tingkat okupansi parkir kendaraan roda empat di Malang Town Square sebesar 130,93% sedangkan kendaraan roda dua sebesar 179,56%. Dari hasil analisis tingkat okupansi parkir Matos menunjukkan bahwa kapasitas ruang parkir Matos tidak mampu menampung volume kendaraan parkir pada saat jam puncak. Dari hasil perhitungan kebutuhan parkir maka didapatkan bahwa kekurangan ruang parkir kendaraan roda empat pada hari libur sebesar 713 kendaraan/jam (62,4%), dan kendaraan roda dua sebesar 1.781 kendaraan/jam (79,5%). Pada hari kerja, kekurangan ruang parkir untuk kendaraan roda empat sebesar 445 kendaraan/jam (50,8%), dan kendaraan roda dua sebesar 1.401 kendaraan/jam (75,3%). Selain itu dengan membandingkan antara supply (kapasitas parkir) dan demand (kebutuhan parkir) menunjukkan bahwa tingkat keoptimalan pemanfaatan ruang parkir cenderung melebihi batas optimal yang terjadi pada jam puncak baik pada hari libur maupun hari kerja. Pemanfaatan ruang parkir di Matos dapat berpengaruh terhadap kondisi lalulintas di Jalan Veteran, hal ini dapat diketahui dengan menggunakan metode with or without, dan hasilnya menunjukkan bahwa perbandingan antara DS (with) dan DS (without) pada hari libur mengalami penurunan sebesar 38,05%, sedangkan pada hari kerja terjadi penurunan DS sebesar 15,71%. Persimpangan pada pintu keluar parkir Matos memiliki LOS C, dengan peluang terjadinya antrian sebesar 10,2523,46%. Skenario yang dapat diajukan untuk menyelesaikan masalah berkaitan dengan ruang parkir Matos adalah penambahan lantai parkir kendaraan roda empat secara vertikal (ekspansibilitas), penambahan lantai parkir kendaraan roda empat secara vertikal dan mengubah penataan kendaraan parkir di P1 pada hari kerja (gabungan ekspansibilitaskonvertibilitas), penerapan tarif progresif untuk kendaraan parkir roda empat di hari libur, diadakan penawaran pada anchor tenant yang merupakan tujuan pengunjung terbanyak pada pukul 9.0013.00 di hari libur, pemanfaatan ruang parkir kendaraan roda empat secara maksimal, pembuatan ruang parkir kendaraan roda dua (ekspansibilitas).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/118/050800810
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Mar 2008 12:04
Last Modified: 17 Mar 2008 12:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138962
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item