Analisis Penerapan Metode Umbrella Cell Pada Sistem Komunikasi PCS (Personal Communication Service)

AchmadDarussalam (2008) Analisis Penerapan Metode Umbrella Cell Pada Sistem Komunikasi PCS (Personal Communication Service). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada awalnya sistem komunikasi PCS dirancang untuk pejalan kaki (pedestrian), tetapi pada kenyataannya sistem ini juga digunakan oleh pengguna berkecepatan tinggi, misalnya pengendara mobil. Sehingga proses handoff yang dilakukan oleh pengguna berkecepatan tinggi ini sering terjadi kegagalan. Untuk mengatasi masalah ini, penerapan model multi layer menjadi solusi yang tepat, dengan menerapkan umbrella sel yang mencakupi beberapa mikrosel dibawahnya. Dengan menggunakan fungsi pada Matlab, dapat dianalisis probabilitas kegagalan panggilan yang ditimbulkan oleh model single layer dan model multi layer. Selain itu juga dianalisis probabilitas kegagalan panggilan yang ditimbulkan oleh berbagai kombinasi kapasitas kanal pada mikrosel dan umbrella sel. Pada model multi layer didapatkan probabilitas kegagalan panggilan yang lebih baik dibandingkan dengan model single layer. Pada kapasitas kanal sistem sebesar 120 kanal, dengan 3 mikrosel, didapatkan hasil yang optimal pada kapasitas kanal umbrella sel dan mikrosel sebesar 30 kanal, dan dengan 9 mikrosel, didapatkan hasil yang optimal pada kapasitas kanal umbrella sel dan mikrosel sebesar 12 kanal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model multi layer sangat tepat diterapkan untuk mengatasi masalah kegagalan panggilan. Dan dari analisis probabilitas kegagalan panggilan yang ditimbulkan oleh berbagai kombinasi kapasitas kanal pada mikrosel dan umbrella sel, didapatkan hasil yang optimal dengan rasio antara kapasitas kanal pada umbrella sel dengan mikrosel adalah mendekati 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/117/050800809
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Mar 2008 09:24
Last Modified: 18 Mar 2008 09:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138961
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item