Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balanced Scorecard Pada Organisasi Profit Oriented (Studi Kasus Pada PT. Malang Intermedia Pers (Radar Malang Jawa Pos Group)).

ErydaSwastianingrum (2009) Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balanced Scorecard Pada Organisasi Profit Oriented (Studi Kasus Pada PT. Malang Intermedia Pers (Radar Malang Jawa Pos Group)). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja dapat diartikan sebagai ukuran prestasi yang dapat dikaitkan dengan rencana kegiatan yang telah ditetapkan dan dapat juga dikaitkan dengan pencapaian prestasi pada periode sebelumnya. Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi perusahaan dan juga dapat dipergunakan sebagai parameter untuk menilai keberhasilan perusahaan tersebut. Dengan mengukur hasil kinerja suatu unit usaha, maka dapat diperoleh data untuk membantu mengkordinasikan proses pengambilan keputusan dalam organisasi dan dapat memberi dasar yang baik bagi manajemen perusahaan untuk menentukan bagaimana unit usaha dapat memenuhi tujuan perusahaan secara keseluruhan. Perancangan sistem kinerja perusahaan pada skripsi ini, digunakan metode Balanced Scorecard . Balanced Scorecard mampu menterjemahkan visi, misi dan strategi perusahaan dalam suatu hasil pengukuran kinerja melalui empat perspektif pengukuran, yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif tumbuh dan belajar, dimana masing-masing perspektif tersebut saling berkaitan satu sama lain. Dari hasil perancangan kinerja perusahaan dengan Balanced Scorecard pada PT. Malang Intermedia Pers (Radar Malang Jawa Pos Group) ini, diperoleh 37 Key Performance Indicator (Indikator Kinerja Kunci) yaitu 9 KPI pada perspektif finansial, 6 KPI pada perspektif konsumen, 11 KPI pada perspektif proses bisnis internal dan 11 KPI pada perspektif tumbuh dan belajar dengan manfaat dan struktur hirarki yang telah dianggap valid, yaitu sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan oleh pihak manajemen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/745/050903264
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Dec 2009 15:36
Last Modified: 01 Dec 2009 15:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138930
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item