Sistem Komunikasi Data Wireless untuk Telemedicine dengan Memanfaatkan RFID.

ArcadiusBagusPrasetyo (2007) Sistem Komunikasi Data Wireless untuk Telemedicine dengan Memanfaatkan RFID. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejalan dengan perkembangan teknologi telekomunikasi dan informasi yang pesat maka pertukaran informasi semakin mudah. Salah satu aplikasi teknologi telekomunikasi dan informasi dalam bidang kedokteran atau medis yaitu telemedicine. Dengan adanya teknologi telemedicine maka data-data yang penting dalam dunia medis dapat dengan mudah diorganisasi melalui proses komputerisasi. Dalam skripsi ini akan dilakukan perancangan dan pembuatan sistem komunikasi data yang digunakan pada telemedicine khususnya di rumah sakit. Data-data pasien rawat inap di rumah sakit selama ini masih dalam bentuk lembaran-lembaran kertas sehingga akan lebih efisien bila data tersebut berada dalam satu database yang dapat diakses secara mobile. Metodologi yang dilakukan pada perancangan sistem ini adalah dengan studi literatur, penentuan spesifikasi alat, perancangan perangkat keras, perancangan perangkat lunak, pengujian dan analisis alat serta penyusunan buku laporan tugas akhir. Sistem yang dirancang digunakan untuk melihat data pasien rawat inap yang tersimpan dalam database di pusat data melalui perangkat mobile . Untuk mengidentifikasi pasien digunakan RFID ( Radio Frequency Identification ) yang merupakan teknologi identifikasi dengan kode yang unik dengan frekuensi kerja 125kHz. Pentransmisian data dari pusat data ke perangkat mobile menggunakan modul TLP-434A sebagai pemancar dan RLP-434A sebagai penerima dengan frekuensi kerja 433,92MHz. Dalam perancangan ini menggunakan komunikasi half-duplex dikarenakan penggunaan satu frekuensi dalam pentransmisian data antara pusat data dengan perangkat mobile. Hasil dari pengujian sistem secara keseluruhan, diperoleh sistem dengan spesifikasi performansi yakni proses pentransmisian data antara perangkat mobile dengan pusat data dapat dilakukan dengan baik pada jarak kurang dari 25 meter didalam gedung atau pada radius kurang dari 50 meter. Pembacaan RFID reader dengan tag berkomunikasi dengan jarak maksimal 6 cm. Dari hasil pengujian juga diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pendukung sistem seperti RS-232 dan RLP-434A serta TLP-434A dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan spesifikasinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/676/050800170
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Feb 2008 15:02
Last Modified: 01 Feb 2008 15:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138877
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item