Analisis Penerapan Economic Dispatch Pada PT. Pembangkitan Jawa Bali Di Jawa Timur.

AgusWidodoPracahyo (2007) Analisis Penerapan Economic Dispatch Pada PT. Pembangkitan Jawa Bali Di Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Biaya bahan bakar merupakan komponen terbesar dalam biaya pembangkitan tenaga listrik. Sehingga kenaikan pembangkitan daya listrik akan mengikibatkan kenaikan biaya bahan bakar yang pada akhirnya akan meningkatkan biaya pembangkitan pua. Oleh karena itu diperlukan suatu rencana operasi sistem daya elektrik yang ekonomis dalam memenuhi kebutuhan listrik yang ada. Penerapan operasi ekonomis ini bertujuan untuk meminimasi biaya bahan bakar pada sisi pembangkit dan rugi - rugi pada saluran transmisi yang pada akhirnya diharapkan dapat menurunkan biaya pembangkitan tenaga listrik. Proses penerapan economic dispatch terdiri dari 3 bagian, yaitu melakukan analisis aliran daya, meghitung persamaan rugi - rugi saluran transmis dan mengatur ulang atau reschedulling nilai pembangkitan pada masing - masing unit pembangkit. Metode meminimasi biaya pembangkitan akan gagal apabila tidak mencakup rugi daya saluran transmisi. Meskipun biaya bahan bakar salah satu pembangkit mungkin lebih rendah dari pembangkit lainya, tetapi terletak sangat jauh dari pusat beban maka akan mengakibatkan rugi daya saluran transmisi yang besar dan akhirnya akan memperbesar biaya pembangkitan. Dengan melakukan analisis aliran daya dan perhitungan persamaan koefisien rugi – rugi saluran transmisi 500 kV di Jawa Timur diperoleh rugi daya pada saluran transmisi sebesar 45,6 MW. Optimasi dilakukan pada unit pembangkitan Paiton dan Gresik blok 2 dan 3 untuk hari sabtu 13 Maret 2004 pukul 10 sampai dengan pukul 11 WIB dengan daya pembangkitan total sebesar 1003,99 MW. Dari hasil optimasi diperoleh penurunan biaya bahan bakar sebesar Rp 917 449.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/6/050700345
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Nov 2008 10:20
Last Modified: 08 Nov 2008 10:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138803
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item