Pengaruh Panjang dan Fraksi Berat Hybrid Serat Batang Padi dengan E-glass Terhadap Kekuatan Tarik Komposit Matriks Polypropylene,

MochAliRochman (2007) Pengaruh Panjang dan Fraksi Berat Hybrid Serat Batang Padi dengan E-glass Terhadap Kekuatan Tarik Komposit Matriks Polypropylene,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Polimer saat ini merupakan salah satu material yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik dibidang perindustrian maupun rumah tangga. Banyaknya penggunaan polimer disebabkan keunggulannya dalam proses pembentukannya yang mudah dan berat jenisnya yang jauh lebih ringan dari logam, meskipun sifat mekanis polimer termoplastik lebih rendah dari logam. Untuk meningkatkan kemampuan mekanis dari polimer tersebut, dikembangkanlah teknologi komposit polimer yang mengunakan material organik maupun nonorganik dalam bentuk partikel atau serat sebagai penguat polimer. Polypropylene ( PP ) merupakan salah satu jenis polimer termoplastik yang banyak digunakan serta memiliki berat jenis yang ringan. Batang padi merupakan limbah utama hasil pertanian beras. Selama ini pemanfaatan batang padi yang dihasilkan masih terbatas untuk makanan ternak, bahan baku pembuatan pupuk, dan lebih banyak dibakar sehingga menyebabkan polusi udara. Serat E-glass merupakan salah satu jenis serat kaca yang paling sering digunakan dalam industri maupun pembuatan komposit, hal tersebut disebabkan oleh kekuatan tariknya yang cukup tinggi dan harganya yang lebih murah dibanding serat kaca jenis lain. Dengan adanya teknologi material komposit dapat dijadikan alternatif untuk memanfaatkan limbah batang padi sebagai serat penguat komposit dalam matriks polypropylene . Saat ini banyak dikembangkan material komposit yang diperkuat oleh serat alami maupun dengan serat sintetis dalam matriks polimer termoplastik dengan tujuan utama untuk meningkatkan kekuatan mekanis dari polimer termoplastik. Dari beberapa hal tersebut, maka diperlukan penelitian tentang material komposit yang menggunakan batang padi dengan serat E-glass sebagai material penguat, dan matriks polypropylene terhadap kekuatan tarik komposit. Dari hasil penelitian dan pembahasan didapatkan kekuatan tarik komposit mengalami peningkatan sejalan dengan penambahan panjang serat penguat komposit hingga panjang serat 5 mm. Perubahan fraksi berat dari campuran serat E-glass dengan batang padi mampu meningkatkan kekuatan komposit, dimana dengan semakin banyak kandungan E-glass dibanding batang padi maka kekuatan komposit akan semakin meningkat. Kekuatan tarik komposit rata-rata tertinggi dicapai dengan mencampur Eglass dengan batang padi dengan perbandingan 100%:0% serta panjang seratnya 5mm didapat kekuatan sebesar 50,762 N/mm 2 .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/466/050702628
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 06:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138701
[thumbnail of 050702628.pdf]
Preview
Text
050702628.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item