Pengaruh Jarak Dan Perbandingan Luas Elektroda Terhadap Tingkat Pencegahan Korosi Pada Impressed Current Cathodic Protection (ICCP).

SofyArdhiyanti (2007) Pengaruh Jarak Dan Perbandingan Luas Elektroda Terhadap Tingkat Pencegahan Korosi Pada Impressed Current Cathodic Protection (ICCP). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu metode proteksi katodik adalah dengan Impressed Current Cathodic Protection (ICCP) atau dikenal dengan sebutan metode arus tanding. Metode ini membuat arus listrik eksternal mengalir dari suatu anoda menuju logam yang diproteksi yang berfungsi sebagi katoda menandingi arus listrik galvanisnya agar diperoleh potensial yang lebih negatif pada katoda dibanding lingkungan. Dengan semakin negatif katoda terhadap lingkungan maka kecenderungan untuk teroksidasi akan semakin kecil sehingga katoda tersebut akan tahan terhadap korosi. Penelitian ini mencoba membandingkan potensial pada katoda akibat variasi jarak dan perbandingan luasan antar elektroda. Percobaan dialakukan dengan memvariasikan jarak dan perbandingan luasan antara katoda dengan anoda, dedangkan variabel lainya dikonstankan. Setelah dilakukan percobaan didapatkan bahwa semakin dekat jarak antar elektroda dan semakin besar perbandingan antara luasan katoda dibanding anoda, maka potensial terhadap lingkunganya akan semakin negatif (menurun) sehingga efektivitas proteksi terhadap korosinya semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/465/050702627
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 06:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138700
[thumbnail of 050702627.pdf]
Preview
Text
050702627.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item