Pengaruh Fraksi Volume Komposit Hybrid Polietilen Yang Diperkuat Serbuk Sekam Padi Dan Serbuk Carbon Black Terhadap Kekuatan tekan.

MeruRezaSulaiman (2007) Pengaruh Fraksi Volume Komposit Hybrid Polietilen Yang Diperkuat Serbuk Sekam Padi Dan Serbuk Carbon Black Terhadap Kekuatan tekan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan material baru sebagai bahan alternatif pengganti bahan- bahan asli telah dimanfaatkan sesuai dengan perkembangan zaman dan juga didukung oleh kemajuan teknologi. Salah satu alternatif yang dipakai adalah serbuk sekam padi dan serbuk carbon black karena selama ini kedua penguat tersebut digunakan untuk makanan ternak dan sebagai bahan pembakaran. Serbuk sekam padi merupakan bahan organik yang banyak mengandung lignoselulosa yang menyebabkan sifat kaku dan kuat tetapi karena sifat kekuatan alami yang masih rendah maka dilakukan penggabungan penggunaan serbuk sekam padi dengan serbuk carbon black sebagai penguat pada material komposit. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh fraksi volume serbuk pada komposit hybrid matrik polietilen yang diperkuat serbuk sekam padi ( SP ) dan serbuk carbon black ( CB ) terhadap kekuatan tekan serta efek hybrid yang terjadi akibat penggabungan kedua jenis serbuk tersebut. Dari penelitian ini diambil masing- masing 5 variasi dari variabel bebas yaitu untuk variasi komposit tunggal sebesar 8%, 16%, 20%, 24%, 28% sedangkan untuk fraksi volume komposit hybrid sebesar acuan dari fraksi volume komposit tunggal tetapi dilakukan beberapa variasi agar diketahui salah satu serbuk yang paling dominan. Setelah itu dilakukan pengujian untuk mendapatkan variabel terikat yaitu kekuatan tekan kemudian dilakukan pembahasan dari hasil pengambilan data yang dilakukan. Dari hasil pembahasan penelitian didapat bahwa peningkatan fraksi volume komposit tunggal maupun fraksi volume komposit hybrid matrik polietilen akan meningkatkan kekuatan tekan komposit. Penggabungan serbuk sekam padi dan serbuk carbon black sampai batas fraksi volume 28% memberikan efek hybrid positif terhadap kekuatan tekan. Hanya pada komposit hybrid 1:7 ( 1% serbuk sekam padi: 7% serbuk carbon black ) yang mengalami efek hybrid negatif. Sedangkan untuk komposit hybrid dengan perbandingan 1:7 dan 1:3 tidak memberikan pengaruh terhadap kekuatan tekan karena tidak signifikan terhadap pemilihan fraksi volume.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/246/050701610
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jul 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138611
[thumbnail of Lampiran_2.pdf]
Preview
Text
Lampiran_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_1.pdf]
Preview
Text
Lampiran_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_4.pdf]
Preview
Text
Lampiran_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_5.pdf]
Preview
Text
Lampiran_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_3.pdf]
Preview
Text
Lampiran_3.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item