Sistem Pengaman dan Pemantau Posisi Kendaraan Jarak Jauh Via Handphone Berbasis GPS (Global Positioning System)

DianArmyPertiwi (2007) Sistem Pengaman dan Pemantau Posisi Kendaraan Jarak Jauh Via Handphone Berbasis GPS (Global Positioning System). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telah banyak dibuat sistem pengaman mobil seiring dengan meningkatnya pencurian mobil yang sering terjadi. Pengaman mobil yang sedang dikembangkan saat ini adalah pengaman mobil yang memanfaatkan teknologi Handphone sebagai sarana pengaman. Fasilitas handphone yang digunakan untuk pengamanan adalah fasilitas SMS. Dengan menggunakan SMS, pemilik bisa mengendalikan keamanan mobil dari jarak jauh dengan mematikan/menyalakan ECU atau alarm. Namun pemanfaatan fasilitas Handphone menggunakan SMS saja sebagai pengaman mobil dinilai masih ada kekurangan karena pemilik tidak bisa memantau posisi kendaraan sewaktu-waktu. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pengaman tambahan berupa GPS Receiver untuk memperoleh data posisi kendaraan. Data posisi yang dikirimkan ke Handphone pemilik berupa data koordinat lintang dan bujur yang dikirimkan melalui SMS ke Handphone pemilik. Sistem ini menggunakan AT89S52 sebagai pengontrol utama. Untuk selektor jalur antara GPS Receiver dengan Handphone menggunakan IC 4066. Handphone yang digunakan adalah Handphone Siemens C45. Sedangkan GPS Receiver yang digunakan adalah Garmin GPS eTrex. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa Siemens C45 dapat memeberikan SMS tanda bahaya ketika sensor aktif dan memberikan respon balasan ketika mendapatkan perintah SMS dari pemilik. Selain itu GPS Receiver yang digunakan juga dapat memberikan data posisi yang diinginkan. Jadi semua peralatan dapat bekerja dengan baik sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/223/050701485
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jun 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138594
[thumbnail of 050701485.pdf]
Preview
Text
050701485.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item