Alat Pengukur Kandungan Lemak Dalam Susu Berbasis Mikrokontroler AT89C51

SulthonHadiPurwonegoro (2007) Alat Pengukur Kandungan Lemak Dalam Susu Berbasis Mikrokontroler AT89C51. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Susu disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizinya yang lengkap. Lemak adalah suatu sumber energi yang penting. Lemak dapat ditemukan terutama dalam bahan makanan yang berasal dari hewan seperti daging, telur, dan susu. Kelebihan lemak di dalam tubuh akan disimpan di dalam jaringan penyimpan lemak dalam tubuh. Alat ini dirancang agar bisa digunakan untuk mengetahui kandungan lemak dalam susu agar dapat diketahui kualitas dari susu tersebut sehingga aman untuk dikonsumsi. Sistem ini dirancang dengan menggunakan metode spektrofotometri sehingga yang dideteksi oleh alat ini adalah panjang gelombang tertentu dari spektrum warna kandungan susu. Sumber cahaya berasal dari Light Emitting Diode (LED) warna kuning cerah. Cahaya dipancarkan melalui sampel yang berada di dalam wadah. Intensitas cahaya setelah melewati sampel akan berkurang, dan diterima oleh sensor cahaya (fotodioda). Intensitas cahaya yang diterima fotodioda diubah menjadi arus listrik, yang kemudian dikuatkan dan diubah menjadi tegangan listrik melalui rangkaian pengubah arus ke tegangan. Agar tegangan keluaran pengubah arus ke tegangan sesuai dengan range tegangan masukan ADC, maka keluaran pengubah arus ke tegangan di hubungkan ke rangkaian pengkondisi sinyal. Tegangan masukan Analog to Digital Converter (ADC) di ubah menjadi data digital, dengan metode successive-approximation. Sementara itu dibuat lima buah sampel dengan konsentrasi berbeda, dan diukur kadar lemaknya dengan menggunakan data sekunder dari Badan Standardisasi Nasional untuk pengukuran kadar lemak susu Sari Husada. Data perhitungan tadi dibandingkan dengan data keluaran ADC untuk masing - masing sampel, dan dibuat persamaan konversinya. Persamaan konversi tadi menjadi bahan dasar pembuatan program pengukuran kadar lemak untuk diolah oleh mikrokontroler.Data digital yang telah diolah oleh Mikroprosesor di tampilkan melalui LCD dalam satuan % kadar lemak. Berdasarkan pengujian, didapat resolusi alat sebesar 0,920759bit% dengan tingkat ketelitian sebesar 76,715%. Penyimpangan rata – rata antara pengukuran kandungan lemak dibandingkan dengan perhitungan sebesar 23,285%. Alat ini mampu melakukan pengukuran dalam jangkauan 0% - 33% kadar lemak dalam susu cair. Penggunaan metode spektrofotometri cahaya tampak ini sangat dipengaruhi oleh cahaya lain yang mungkin bisa terdeteksi oleh fotodioda, sehingga transduser ditempatkan di tempat yang terlindung dari cahaya yang tidak diperlukan. Sensitifitas sensor cahaya juga sangat mempengaruhi ketelitian pengukuran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/212/050701389
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Jun 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 02:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138587
[thumbnail of 050701389.pdf]
Preview
Text
050701389.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item