Pengendalian Level Air Dan Feed Water Flow Pada Steam Drum Di PT. IPMOMI – Paiton Dengan Model Reference Adaptive System.

MWahidiSyarifulloh (2007) Pengendalian Level Air Dan Feed Water Flow Pada Steam Drum Di PT. IPMOMI – Paiton Dengan Model Reference Adaptive System. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Steam drum adalah sebuah instrument dalam sistem boiler yang merupakan kelanjutan dari proses aliran air (feedwater flow) setelah melalui economizer pada boiler di sebuah instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Fungsi steam drum adalah memisahkan uap air dan air pada uap basah sehingga keluaran steam drum menjadi uap kering serta mencegah terbawanya mineral-mineral ke superheater yang dapat menyebabkan timbulnya korosi pada pipa superheater yang berakibat pada kebuntuan. Peran steam drum cukup penting karena apabila level uap basah dalam steam drum kurang maka akan terjadi kegagalan sirkulasi air, dan apabila level steam drum melebihi range tertentu akan terjadi kegagalan pemisahan uap air dan air. Pengendali adaptif dengan metode Model Reference Adaptive Systems, bertujuan meminimalkan pengaruh gangguan dengan pola yang berubah-ubah. Pada prinsipnya perancangan MRAS dimulai dengan menentukan fungsi alih dari plant, kemudian menyusun model referensi, meminimalkan error dengan hukum adaptasi, dan melakukan tuning parameter pengendali. Pengendalian level pada steam drum dirancang menggunakan konfigurasi kaskade dengan dua loop. Loop slave adalah pengendalian feed water flowmenggunakan kontrol proporsional dan pengendalian level sebagai loop master adalah kontrol dengan Model Reference adaftive system. Metode ini dapat mempertahankan keluaran pada kondisi setimbang yaitu pada level operasinya yaitu 0,66 m serta mengatasi perubahan beban acak berupa perubahan level steam drum akibat perubahan penggunaan uap kering yang dihasilkan steam drum. Diperoleh settling time sebesar 80 detik, rise time sebesar 40 detik, dan level dari steam drum tetap berada dalam range operasinya yaitu 0,61- 0,71m.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/050703233
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Dec 2007 15:12
Last Modified: 22 Oct 2021 01:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138536
[thumbnail of 050703233.pdf]
Preview
Text
050703233.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item