Reduksi Intensitas Medan Magnet pada Permukaan Tanah di Bawah SUTET 500 kV dengan Menggunakan Loop Konduktor.

MuhammadFuaddunnazmi (2007) Reduksi Intensitas Medan Magnet pada Permukaan Tanah di Bawah SUTET 500 kV dengan Menggunakan Loop Konduktor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat intensitas medan magnet di bawah Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) memberikan permasalahan pada masyarakat. Untuk itu di dalam penelitian ini akan dilakukan sebuah kajian dalam upaya untuk mereduksi tingkat intensitas medan magnet di bawah SUTET. Upaya ysng dilakukan adalah dengan menggunakan prinsip induksi dengan menempatkan konduktor loop di bawah SUTET. Beberapa konfigurasi dianalisis dalam skripsi ini yaitu konfigurasi mendatar dengan perubahan dimensi serta peletakkannya dari permukaan tanah terhadap perubahan medan magnet yang ditinjau. Metode penyelesaiannya adalah dengan menggunakan analisis perhitungan Biot-Savart, Lenz, dan Faraday. Dari hasil pembahasan diperoleh bahwa dengan pemasangan jaring elektroda tipe horizontal asimetris dalam pada ketinggian 6 meter di atas permukaan tanah, kuat medan magnetnya mengalami penurunan sampai 0,08 A/m, kemudian dengan pemasangan jaring elektroda tipe horizontal asimetris luar dengan ketinggian yang sama, kuat medan magnetnya mengalami penurunan sampai 0,203 A/m. Untuk tipe horizontal asimetris luar pada ketinggian 7 meter, penurunannya mencapai 0,43 A/m, dan yang terakhir dengan konfigurasi horizontal asimetris luar pada ketinggian 7 meter dengan penambahan lebar jaring yang semula 6 meter menjadi 9 meter mengakibatkan penurunan kuat medan magnet hingga 0,736 A/m. Dengan demikian, dari beberapa konfigurasi yang digunakan, dicapai hasil yang terbaik dengan parameter penurunan kuat medan magnet terbesar adalah untuk konfigurasi jaring horizontal asimetris luar pada ketinggian 7 meter dengan lebar jaring 9 meter.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/050703098
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Nov 2007 00:00
Last Modified: 29 Nov 2007 00:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138510
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item