Fasilitas riset kelautan lepas pantai di Kabupaten Malang = Malang Offshore Oceanic Science Research Facility

RahadaniPrasetianti (2007) Fasilitas riset kelautan lepas pantai di Kabupaten Malang = Malang Offshore Oceanic Science Research Facility. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Propinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah selatan merupakan wilayah dengan hasil laut yang cukup menjanjikan, namun belum banyak tereksplorasi. Karena faktor keterbatasan jangkauan dari Lembaga Oceanografi Nasional yang berpusat di Jakarta, diperlukan adanya fasilitas penelitian kelautan dengan cakupan jangkauan sepanjang pantai selatan Jawa Timur yang selama ini potensinya masih belum banyak diketahui. Pemilihan lokasi untuk Fasilitas Riset Kelautan Lepas Pantai berada di Kabupaten Malang mengingat potensi kelautan yang dimiliki kabupaten tersebut. Sebagai daerah yang bertumpu pada sumber daya laut sebagai salah satu penyumbang terbesar pendapatan asli daerah, hal tersebut merupakan faktor pendukung bagi adanya bangunan Fasilitas Riset Kelautan di Kabupaten Malang. Terdapat kegiatan-kegiatan penelitian di bidang kelautan di Kabupaten Malang yang dilaksanakan secara berkala oleh universitas-universitas serta Dinas Perikanan dan Kelautan. Kegiatan penelitian tersebut mengambil lokasi di sepanjang pesisir hingga daerah lepas pantai, dan dapat berlangsung hingga beberapa bulan di tengah laut. Halhal yang telah tersebut diatas mendasari pemilihan lokasi offshore/lepas pantai untuk Fasilitas Riset Kelautan. Disamping untuk menambah wacana mengenai perencanaan bangunan offshore, pemilihan lokasi di daerah lepas pantai diharapkan dapat menjadikan proses observasi terhadap ekosistem dan biota laut lebih akurat. Tujuan dari penyusunan skripsi ini antara lain: memperoleh rancangan pengolahan tata ruang pada bangunan Fasilitas Riset Kelautan serta merencanakan pelingkup bangunan penelitian berkaitan dengan lokasi bangunan yang berada di lingkungan pesisir dan lepas pantai, yang membutuhkan kriteria tertentu yang berbeda dengan bangunan di darat. Diharapkan penyusunan skripsi ini dapat memberikan tambahan informasi mengenai bangunan laboratorium dan bangunan lepas pantai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/050701458
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2007 00:00
Last Modified: 21 Oct 2021 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138361
[thumbnail of 050701458.pdf]
Preview
Text
050701458.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item