Kajian Sistem Drainase Terpisah pada Perumahan Padat Penduduk : studi kasus Kelurahan Ketawanggede

Pangastuti, RD (2007) Kajian Sistem Drainase Terpisah pada Perumahan Padat Penduduk : studi kasus Kelurahan Ketawanggede. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Drainase Terpisah adalah sistem pembuangan air limpasan hujan dan system pembuangan limbah cair rumah tangga yang dilakukan secara terpisah. Terjadinya akumulasi jumlah penduduk di daerah perkotaan mempengaruhi siklus hidrologi dengan timbulnya genangan-genangan di daerah pemukiman yang padat pada musim penghujan. Salah satu penyebab adanya genangan di daerah pemukiman padat penduduk adalah keadaan jaringan drainase yang tidak efektif dan tidak berfungsi optimal. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi sistem drainase dan mengevaluasi sistem pengolahan air limbah rumah tangga yang ada pada kelurahan Ketawanggede. Tugas akhir ini merupakan studi literatur dengan mengumpulkan teori yang mendukung disertai dengan Pengumpulan data, analisa hidrologi, perhitungan debit rencana, perencanaan sistem drainase air limbah, dan perhitungan analisa ekonomi. Hasil yang diperoleh adalah sistem drainase air hujan pada Kelurahan Ketawanggede sudah baik karena bisa menampung debit limpasan yang ada, sedangkan untuk drainase air limbah rumah tangga perlu diadakan perbaikan dan pemasangan instalasi pengolahan air limbah. Instalasi Pengolahan Air Limbah ini dapat menurunkan kadar BOD sebesar 50,6%, kadar TSS sebesar 15,3% dan mencapai nilai pH sebesar 6,92.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/050701157
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2007 00:00
Last Modified: 21 Oct 2021 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138328
[thumbnail of 050701157.pdf]
Preview
Text
050701157.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item