Pengaturan Frekuensi dan Tegangan Generator Induksi pada PLTM Check Dam V Kalijari Kabupaten Blitar.

AlimahtusSa`diyah (2006) Pengaturan Frekuensi dan Tegangan Generator Induksi pada PLTM Check Dam V Kalijari Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) adalah pembangkit listrik berukuran kecil yang memanfaatkan air sebagai tenaga penggerak turbin dengan daya yang dibangkitkan kurang dari 200 kW. PLTM yang diteliti direncanakan menggunakan generator induksi beroperasi sendiri, yaitu tanpa terhubung dengan jala-jala. Pada oprasi ini, generator membutuhkan daya reaktif melalui penguatan kapasitif agar dapat membangkitkan tegangan. Fluktuasi beban listrik dan perubahan-perubahan daya di sisi beban yang disuplai oleh generator berpengaruh pada frekuensi dan tegangan terminal generator. Agar frekuensi dan tegangan konstan atau jika mengalami variasi yang masih berada pada kawasan yang diijinkan sesuai standar PLN, diperlukan pengaturan frekuensi dan tegangan.. Pengaturan frekuensi dan tegangan pada penelitian ini menggunakan rangkaian elektronik yang mengendalikan motor servo. Pengaturan frekuensi dilakukan dengan mengendalikan motor servo penggerak guide vane. Pengaturan tegangan dilakukan dengan mengendalikan motor servo penggerak tap kapasitor. Pengaturan frekuensi dan tegangan saling dikoordinasikan satu sama lain dengan tujuan agar pengatur frekuensi bekerja lebih dulu dibandingkan pengatur tegangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2006/486/050602635
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Nov 2008 11:53
Last Modified: 21 Oct 2021 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138312
[thumbnail of 050602635.pdf]
Preview
Text
050602635.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item